• Selasa, 29 November 2022

Bandara Banyuwangi Masuk 20 Nominasi Arsitektur Terbaik Dunia

- Rabu, 8 Juni 2022 | 12:32 WIB
Bandara hijau pertama di Indonesia, Bandara Banyuwangi masuk daftar nominasi 20 bangunan dengan arsitektur terbaik di dunia versi AKAA 2022. (Mario Wibowo)
Bandara hijau pertama di Indonesia, Bandara Banyuwangi masuk daftar nominasi 20 bangunan dengan arsitektur terbaik di dunia versi AKAA 2022. (Mario Wibowo)

KETIKNEWS.ID,-- Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur, masuk daftar nominasi 20 bangunan dengan arsitektur terbaik pada ajang Aga Khan Awards For Architecture (AKAA) 2022.

Melalui laman resmi, AKAA telah merilis 20 nominator yang berhasil mengadakan 463 proyek arsitektur lainnya dari berbagai belahan dunia.

AKAA merupakan penghargaan tertua pada bidang arsitektur yang dilaksanakan setiap tiga tahun. Tak hanya mengapresiasi arsitek, tetapi juga klien, perajin ahli dan semua pihak yang berperan dalam realisasi proyek.

Penilaian AKAA tidak hanya menampilkan keunggulan arsitektur, namun juga aspirasi budaya, mendukung konservasi dan peningkatan kualitas lingkungan.

Baca Juga: Kabupaten Gunung Kidul Akan Gelar Peragaan Batik di Gua Rancang Kencana

Bandara Banyuwangi terletak di Desa/Kecamatan Blimbingsari dibangun dengan kolaborasi bersama arsitek Andra Matin.

Desain Bandara Banyuwangi mengadopsi bentuk ikat kepala Suku Osin (masyarakat asli Banyuwangi). Bangunan bandara pun berkonsep hijau dan ramah lingkungan (green building).

Konsep itu terlihat dari atap terminal bandara yang ditanami tanaman, konservasi udara dan sunroof yang menjadi sumber cahaya alami pada siang hari.

Atap bangunannya juga menunjukkan pembagian yang jelas antara terminal keberangkatan dan kedatangan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Topeng-Topeng 2022, Sandiaga: Pagelaran Warisan Budaya

Sabtu, 19 November 2022 | 22:25 WIB

Buluh Duri, Desa Wisata Terfavorit ADWI 2022

Senin, 31 Oktober 2022 | 21:03 WIB
X