• Rabu, 5 Oktober 2022

Sandiaga: Sertifilasi Tanah Destinasi Wisata Peluang Keluar dari Kemiskinan

- Jumat, 10 Juni 2022 | 19:42 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan sambutan dalam acara Sambung Rasa Gugus Tugas Reforma Agraria Summit 2022 di Patuno Resort, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu (8/6/2022). (Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan sambutan dalam acara Sambung Rasa Gugus Tugas Reforma Agraria Summit 2022 di Patuno Resort, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Rabu (8/6/2022). (Kemenparekraf)


KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan penerbitan sertifikasi tanah di destinasi wisata dapat mendatangkan peluang bagi masyarakat untuk keluar dari kemiskinan.

“Presiden Joko Widodo memberikan arahan untuk percepatan proses penerbitan sertifikasi tanah,” ujarnya dalam acara Sambung Rasa Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Summit 2022 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dalam keterangan resmi, Kamis (9/6).

Baca Juga: Sandiaga Uno Beri Pelatihan Pelaku Ekonomi Kreatif di Tangerang

Persoalan sertifikasi tanah, lanjut Sandi, kerap kali menjadi hambatan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat. Terutama di daerah pesisir yang ingin memperoleh akses permodalan dari lembaga keuangan formal untuk memulai usaha mereka.

"Masalah tanah ini jika tersertifikasi, bisa tiba-tiba datang peluang untuk keluar dari kemiskinan yang absolut bagi masyarakat, terutama masyarakat yang di pesisir ini bisa disolusikan," uajrnya.

Menurut Sandi, kendala mengenai sertifikasi tanah memiliki dampak yang tinggi terhadap tingkat kemiskinan sehingga perlu dicarikan jalan keluar dengan peran kementerian/lembaga terkait.

Selama ini, banyak kendala reforma agraria, antara lain tumpang tindih kewenangan sebuah wilayah atau destinasi.

Baca Juga: Bandara Banyuwangi Masuk 20 Nominasi Arsitektur Terbaik Dunia

"Jadi, penerbitan sertifikasi tanah adalah bagian dari penciptaan peluang serta upaya menyejahterakan masyarakat dan memulihkan ekonomi," kata Sandi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A. Djalil menganggap, adanya sertifikasi tanah mendorong kesempatan masyarakat untuk memulai usaha lebih terbuka.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar 50 Jajanan Street Foods Terenak di Asia 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 16:09 WIB

Apa itu Neom? Yang Dianggap Kota Masa Depan di Arab Saudi

Selasa, 20 September 2022 | 00:37 WIB
X