• Rabu, 10 Agustus 2022

Menparekraf Dukung Batu Angus Ternate Jadi Geopark Nasional

- Kamis, 16 Juni 2022 | 16:18 WIB
Sandiaga Uno mendukung pengembangan objek wisata Batu Angus Ternate, Maluku Utara menjadi destinasi geopark nasional. (Kemenparekraf)
Sandiaga Uno mendukung pengembangan objek wisata Batu Angus Ternate, Maluku Utara menjadi destinasi geopark nasional. (Kemenparekraf)


KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendukung pengembangan objek wisata Batu Angus Ternate, Maluku Utara menjadi destinasi geopark nasional.

"Geopark Batu Angus ini harus didukung untuk pengembangan kekuatan pariwisata nasional dengan mengedepankan budaya setempat. Ini harus dilestarikan, termasuk flora dan fauna yang dikembangkan secara inovatif," kata Sandi, Kamis (16/6).

Dalam keterangan resmi, Sandi menjelaskan, geopark Batu Angus merupakan bongkahan bebatuan hitam yang unik bekas aliran lava yang membeku saat letusan Gunung Gamalama, geopark Ternate.

Baca Juga: Wagub DKI Jakarta Pastikan Monas Dibuka Pekan Ini

"Kita tidak perlu mengeluarkan biaya besar membangun destinasi wisata, karena sang pencipta hadirkan fenomena alam yang sangat luar biasa, sehingga mendukung aspirasi untuk menjadikan batu angus Ternate sebagai destinasi geopark nasional," ujarnya.

Terkait pengembangan geopark, Kemenparekraf telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 2 tahun 2020 tentang pedoman teknis pengembangan geopark sebagai destinasi wisata.

Peraturan ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk memenuhi prinsip-prinsip pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan serta membangun geopark yang kompetitif dan berkelas dunia.

Sandi berharap, geopark bisa memberi dampak bagi pelestarian lingkungan, konservasi, edukasi dan melahirkan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan wisata harus melibatkan UMKM dan prinsip pemberdayaan masyarakat setempat, agar tidak terpinggirkan.

Baca Juga: WSL Krui Pro 2022, Sandiaga Uno: Lokasinya Bukan Kaleng-kaleng

“Geopark itu bukan hanya secarik kertas. Tapi tujuannya luhur untuk kelestarian lingkungan, konservasi, edukasi, dan ujungnya kesejahteraan masyarakat. Percuma ada geopark kalau masyarakatnya tidak sejahtera,” kata Sandi.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mencoba Minuman Legen Khas Tuban

Rabu, 3 Agustus 2022 | 16:07 WIB

5 Alasan Kenapa di Kamar Hotel Tidak Ada Jam

Senin, 25 Juli 2022 | 16:23 WIB
X