• Senin, 27 Juni 2022

Menparekraf Jelaskan Kunci UMKM Naik Kelas

- Senin, 20 Juni 2022 | 12:16 WIB
Sandiaga Uno: Agar UMKM  naik kelas menjadi usaha besar adalah, menengal pasar, memiliki manajemen solid, dan disiplin mengatur keuangan. (Kemenparekraf)
Sandiaga Uno: Agar UMKM naik kelas menjadi usaha besar adalah, menengal pasar, memiliki manajemen solid, dan disiplin mengatur keuangan. (Kemenparekraf)


KETIKNEWS.ID,-- Salah satu kunci bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), untuk naik kelas menjadi usaha besar adalah, menengal pasar, manajemen solid, dan disiplin mengatur keuangan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, usai menghadiri acara pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang berlangsung di Grage City Mall Cirebon, Minggu (19/6).

“Pasar Indonesia sangat besar, oleh karena itu, pertama kita harus mampu untuk mengenali pasar yang menjadi target kita,” jelasnya.

Baca Juga: Santri Digitalpreneur, Sandiaga: Target 2 Juta Lapangan Kerja

Sandi mendorong pelaku ekraf Cirebon agar bisa mengenal pasar Indonesia dalam memasarkan produk-produknya. Sebab pasar Indonesia dinilai sangat luas dan beragam.

UMKM pun, lanjut Sandi, perlu memiliki manajemen yang solid. Kemudian, manajemen solid perlu didukung oleh kedisiplinan dalam mengatur keuangan.

"Kedua, bangun tim manajemen yang solid, dan ketiga, perkuat manajemen keuangan kalian. Ini tiga poin penting yang harus dipetik," tegas Sandi.

Selain itu, Sandi juga turut memberikan bantuan pemasaran digital dari peserta pelaku ekonomi kreatif yang hadir pada AKI 2022 di Cirebon.

“Tadi saya juga memberikan pemasaran produk melalui digitalisasi. Semua produk sudah saya kunjungi dan kita sudah mengambil gambar. Saya optimistis mereka bisa mengatasi tantangan dari pandemi dan membentuk suatu tatanan ekonomi baru,” ungkapnya.

Baca Juga: UNS Siap Bantu Pelaku UMKM Daftarkan HAKI

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Gepuk Daging Sapi Khas Sunda

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:19 WIB

Jawa Barat Ikut Pameran World of Coffee di Milan

Senin, 20 Juni 2022 | 19:02 WIB

Bandara Paling Ramah Keluarga 2022, Indonesia?

Senin, 20 Juni 2022 | 18:09 WIB

150 Komunitas Ajukan Hari Kebaya Nasional

Senin, 20 Juni 2022 | 16:03 WIB

Menparekraf Jelaskan Kunci UMKM Naik Kelas

Senin, 20 Juni 2022 | 12:16 WIB
X