• Minggu, 26 Juni 2022

Sandiaga Uno: Desa Wisata Bisa Jadi Pandemic Winner Sektor Pariwisata

- Selasa, 21 Juni 2022 | 23:19 WIB
Sandiaga Uno meyakini desa wisata semakin digandrungi setelah pandemi usai. Desa wisata pun bisa menjadi pandemic winner sektor pariwisata. (Kemenparekraf)
Sandiaga Uno meyakini desa wisata semakin digandrungi setelah pandemi usai. Desa wisata pun bisa menjadi pandemic winner sektor pariwisata. (Kemenparekraf)


KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno meyakini desa wisata semakin digandrungi setelah pandemi usai, seiring dengan perubahan tren preferensi berwisata di tengah Covid-19.

"Kami meyakini bahwa Desa Wisata akan menjadi 'pandemic winner' dari sektor pariwisata," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Selasa (21/6).

Sandi mengatakan, pascapandemi Covid-19, wisatawan lebih berorientasi pada daya tarik wisata yang lebih personalize, customize, localize, dan smaller in size. Sandiaga mencatat ada adanya kenaikan kunjungan di desa-desa wisata selama tahun 2021.

Baca Juga: Kemenparekraf dan PT KAO Kerja Sama Wujudkan Desa Wisata Bersih dan Sehat

Menurutnya, pengembangan desa wisata didukung juga dari aspek akomodasi lokal alias homestay yang berperan memberikan pengalaman menyenangkan untuk wisatawan.

Faktor kebersihan dan kenyamanan pun menjadi sebuah prioritas yang harus disediakan oleh pemilik homestay yang didominasi oleh penduduk lokal.

Peran serta semua pihak dibutuhkan, termasuk juga masyarakat di daerah setempat dengan cara turut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di desa wisata.

Familiarization trip

Baca Juga: Menparekraf Harap AVPN Datangkan Peluang Investasi Parekraf

Pengembangan desa wisata merupakan salah satu program dari Kemenparekraf. Desa wisata dinilai mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, UMKM, menciptakan lapangan kerja, dan melestarikan lingkungan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Gepuk Daging Sapi Khas Sunda

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:19 WIB

Jawa Barat Ikut Pameran World of Coffee di Milan

Senin, 20 Juni 2022 | 19:02 WIB

Bandara Paling Ramah Keluarga 2022, Indonesia?

Senin, 20 Juni 2022 | 18:09 WIB

150 Komunitas Ajukan Hari Kebaya Nasional

Senin, 20 Juni 2022 | 16:03 WIB

Menparekraf Jelaskan Kunci UMKM Naik Kelas

Senin, 20 Juni 2022 | 12:16 WIB

UNS Siap Bantu Pelaku UMKM Daftarkan HAKI

Jumat, 17 Juni 2022 | 19:49 WIB
X