• Sabtu, 1 Oktober 2022

Destinasi Wisata Berbasis Sustainable Tourism di Indonesia

- Rabu, 13 Juli 2022 | 17:26 WIB
Taman Nasional Baluran: Berikut lima destinasi wisata berbasis sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan di Indonesia yang lengkap dengan keindahan alam. (Yuk Banyuwangi)
Taman Nasional Baluran: Berikut lima destinasi wisata berbasis sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan di Indonesia yang lengkap dengan keindahan alam. (Yuk Banyuwangi)

KETIKNEWS.ID,-- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah fokus mendorong pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism dibandingkan mengejar angka kunjungan wisatawan di Indonesia.

Pasalnya, wisatawan tidak hanya ingin berlibur, tetapi juga memperhatikan protokol berwisata yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, kenyaman, dan kelestarian alam.

Pariwisata berkelanjutan merupakan pengembangan konsep berwisata yang dapat memberikan dampak jangka panjang, mulai dari dampak terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi.

Konsep sustainable tourism bukanlah hal baru di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya destinasi wisata berbasis sustainable tourism yang masih terus bertahan hingga sekarang.

Baca Juga: Destinasi Wisata dan Ragam Kebudayaan Dekat IKN Nusantara

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon dikenal sebagai salah satu Situs Warisan Dunia dan rumah bagi Badak Jawa. Tak hanya itu, taman nasional ini juga dikenal sebagai destinasi wisata yang mengembangkan sustainable tourism di Indonesia.

Hal tersebut wajar mengingat Taman Nasional Ujung Kulon tidak sekadar melestarikan alam dan Badak Jawa yang kian langka, tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Pengunjung bisa menikmati berbagai spot wisata di Taman Nasional Ujung Kulon, mulai dari snorkeling dan diving di Pulau Peucang, menikmati kekayaan alam di Kepulauan Handeuleum, serta bermain kano di Pulau Pamanggangan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu Neom? Yang Dianggap Kota Masa Depan di Arab Saudi

Selasa, 20 September 2022 | 00:37 WIB

5 Hotel Saksi Bisu Perjalanan Bangsa Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 12:04 WIB
X