• Rabu, 5 Oktober 2022

Tradisi Ngerebeg Bali Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

- Kamis, 14 Juli 2022 | 12:15 WIB
Tradisi Ngerebeg di Desa Adat Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. (Bali Tours Club)
Tradisi Ngerebeg di Desa Adat Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali. (Bali Tours Club)

KETIKNEWS.ID,-- Tradisi Ngerebeg di Desa Adat Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali, ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sertifikat penetapan tradisi Ngerebeg sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia diteken oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, pada 7 Desember 2021 di Jakarta.

"Dengan telah ditetapkannya tradisi ngerebeg sebagai Warisan Budaya Tak Benda, maka Desa Adat Tegallalang bertekad untuk terus menjaga kelestarian dan kesakralan tradisi ini," tutur Bendesa Adat Tegallalang, I Made Kumarajaya, dikutip dari Antara, Rabu (13/7).

Baca Juga: Sejumlah Fakta Menarik dari Taman Superhero Kota Bandung

Ia menjelaskan, Ngerebeg adalah warisan turun-temurun. Tradisi ini digelar sehari menjelang piodalan Pura Duur Bingin di Desa Adat Tegallalang, setiap enam bulan sekali berdasarkan sistem penanggalan Bali, tepatnya pada Wraspati Umanis Pahang.

Baca Juga: Mengenal Delapan Superfood Khas Indonesia

Ngerebeg dilakukan oleh anak-anak dan remaja, yang tubuhnya dipenuhi hiasan menyeramkan. Mereka pun mengikuti arak-arakan keliling desa sembari membawa hiasan penjor dari pelepah salak dan pelepah daun jaka atau aren.

"Prosesi ritual ngerebeg bermakna menetralisir pengaruh negatif dan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, sebagai ucapan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa," ujarnya.

(Ridwan Alawi/ketiknews)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar 50 Jajanan Street Foods Terenak di Asia 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 16:09 WIB

Apa itu Neom? Yang Dianggap Kota Masa Depan di Arab Saudi

Selasa, 20 September 2022 | 00:37 WIB
X