• Sabtu, 1 Oktober 2022

Setelah Direvitalisasi, Situ Rawa Kalong yang Awalnya Kumuh Kini Jadi Indah

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:23 WIB
Floating deck atau panggung terapung di Situ Rawa Kalong, Depok, Jawa Barat (Instagram dsda.jabar)
Floating deck atau panggung terapung di Situ Rawa Kalong, Depok, Jawa Barat (Instagram dsda.jabar)

KETIKNEWS.ID,-- Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok sekarang menjadi situ yang indah setelah direvitalisasi.

Penggagas revitalisasi Situ Rawa Kalong, yang juga Ketua Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Curug Muhammad Nurdin mengatakan, selain kumuh dan tak terurus, situ seluas 8.5 hektare itu dulunya juga menjadi tempat pembuangan sampah domestik, limbah industri, dan keramba ikan yang kurang produktif.

"Sejak 2016, saya bareng kawan-kawan terus memperjuangkan penyelematan situ ini ke Pemerintah Kota Depok dan Pemda Provinsi Jabar untuk segera direvitalisasi," kata Nurdin, di Kota Depok, Jumat (5/8/2022) lalu.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu! Berikut Ini Layanan yang Tersedia di Gojek dalam Bidang Transportasi dan Logistik

Setelah direvitalisasi dengan anggaran sekitar Rp 21 miliar, kini Rawa Kalong menjadi tempat favorit warga Depok untuk rekreasi dengan sejumlah fasilitas, di antaranya gedung aula, floating deck, vertical garden, taman lansia, pedestrian, area UMKM, juga terdapat alun-alun kecil yang mengapung di atas air.

Situ ini selain sebagai irigasi berfungsi pula untuk pengendali banjir, dan saat ini juga menjadi tujuan wisata yang berdampak pada ekonomi masyarakat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Situ Rawa Kalong hasil revitalisasi ini. Ia berpesan kepada warga supaya situ ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

Baca Juga: Pemerintah: Pembangunan Rusun Cisaranten Bina Harapan Disasarkan untuk MBR

"Yang paling penting adalah bersama-sama menjaga dan merawatnya. Kalau masih ada kurang-kurang sedikit terkait fasilitasnya, nanti bisa ditambah bertahap," ucapnya.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu Neom? Yang Dianggap Kota Masa Depan di Arab Saudi

Selasa, 20 September 2022 | 00:37 WIB

5 Hotel Saksi Bisu Perjalanan Bangsa Indonesia

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 12:04 WIB
X