• Sabtu, 10 Desember 2022

Pernah Dianggap Rumah bagi Putra Surga, Kota Terlarang kini jadi Destinasi Wisata di China

- Selasa, 20 September 2022 | 15:27 WIB
Kota terlarang yang kini menjadi destinasi wisata di China. (Unsplash / __ drz __)
Kota terlarang yang kini menjadi destinasi wisata di China. (Unsplash / __ drz __)

KETIKNEWS.ID,-- Apa yang terlintas di kepalamu ketika mendengar kata 'terlarang'? Pasti sesuatu yang tidak boleh untuk dipegang, didekati bahkan dilihat.

Tetapi ada satu tempat unik di China bernama Kota Terlarang atau Forbidden City. Meski memiliki nama Kota Terlarang, namun kini tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di China.

Kota Terlarang telah dianggap sebagai warisan dunia oleh UNESCO, karena kota ini telah menjadi tempat wisata bersejarah yang dikunjungi jutaan turis tiap tahunnya.

Baca Juga: Peneliti China Ungkap Permukaan Planet Mars Lewat Misi Eksplorasi Pertama Tianwen-1

Meski memiliki nama Kota, namun sebenarnya Kota Terlarang ialah sebuah istana kaisar China. Dulunya tak seorang pun boleh masuk ke istana tersebut, kecuali keluarga dekat sang Kaisar.

Kota Terlarang dibangun pada masa Kaisar Yongle dimana ia merupakan kaisar ketiga dalam Dinasti Ming, setelah berhasil merebut takhta dari sang ponakan.

Berawal dari keputusan Kaisar Yongle yang ingin memindahkan Ibu Kota dari Nanjing ke Beijing. Karena Beijing merupakan wilayah kekuasaan Kaisar Yongle, maka dibangunlah Kota Terlarang sebagai bentuk kekuatan kekaisarannya dan untuk melindungi keamanannya.

Baca Juga: 88 Jasad Tentara China yang Ikut Perang Korea Dijemput Pesawat Militer untuk Pulang

Kota Terlarang diambil dari terjemahan bahasa China, Zijincheng (紫禁城), yang artinya “Kota Terlarang Ungu”. Bangunan yang berdiri di atas lahan 72 hektare ini dibangun dari tahun 1406-1420 atas perintah Zhu Di atau Kaisar Yongle pada masa Dinasti Ming.

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hotel Angker Untuk Wisata Horor Di Indonesia

Jumat, 7 Oktober 2022 | 22:10 WIB

Apa itu Neom? Yang Dianggap Kota Masa Depan di Arab Saudi

Selasa, 20 September 2022 | 00:37 WIB
X