• Sabtu, 30 September 2023

Liburan Lebaran Kian Seru, Nikmati Keseruan Event Seni Budaya Dikemas Apik,Catat Tanggalnya!

- Rabu, 19 April 2023 | 17:35 WIB
Event Kesenian dan Budaya (Tangkapan Layar/Ist)
Event Kesenian dan Budaya (Tangkapan Layar/Ist)

KETIKNEWS.ID,-- Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 mulai digelar di berbagai daerah Indonesia. Diharapkan, KEN 2023 dapat menjadi motor kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tiap daerah, serta menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada 2024.

KEN dihadirkan dalam rangka menyajikan event-event berkualitas kedaerahan. Nah, memasuki libur lebaran tahun ini, KEN 2023 akan digelar di april tahun ini.

Yuk disimak, tidak ada salahnya melihat langsung keseruan dari event-event seni dan budaya dalam KEN 2023 yang digelar di berbagai daerah, seperti:

Solo Menari (Jawa Tengah)

Satu event menarik akan digelar dalam menyambut Hari Tari Sedunia, Solo Menari. Event yang masuk ke dalam Karisma Event Nusantara 2023 ini akan digelar pada 29 April 2023 di Balai Kota Surakarta.

Event yang sudah rutin digelar sejak 2009 ini menjadi ajang kumpulnya seniman serta koreografer nasional dan internasional.

Solo Menari digelar dengan tujuan memperkuat citra Kota Solo sebagai pusat budaya Jawa. Event Solo Menari akan menampilkan berbagai seni pertunjukan, mulai dari seni tari hingga pagelaran wayang orang yang menjadi salah satu ikon budaya Kota Solo.

Diperkirakan ada lebih dari 500 pelaku industri kreatif yang terlibat dari event budaya ini.

Seba Baduy (Banten)

Festival budaya yang menarik untuk dilihat langsung berikutnya adalah kemeriahan Seba Baduy, yang rencananya akan digelar pada 27-29 April 2023 di Alun-alun Lebak, Banten.

Dalam bahasa setempat, Seba berarti persembahan. Dalam festival budaya tersebut, masyarakat Suku Baduy akan mempersembahkan hasil panen kepada pemerintah.

Nantinya, masyarakat Suku Baduy Dalam dan Luar akan berkumpul untuk melakukan upacara, sekaligus menyerahkan hasil panen kepada Bupati Banten. Sebaliknya, bupati akan menyerahkan bingkisan pada perwakilan Suku Baduy.

Dalam rangkaian festival Seba Baduy, Sobat Parekraf bisa menyaksikan keseharian Suku Baduy melalui video mapping, ilustrasi, pameran foto, hingga Kampung Baduy Kecil di festival tersebut.

Seperti yang kita tahu, sampai saat ini Suku Baduy sangat peduli akan kelestarian alam. Sehingga festival ini bisa menjadi contoh penerapan sustainable tourism melalui kearifan lokal dan tradisi.

Halaman:

Editor: Ijal Sikumbang

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Terkini

Menilik Museum Tsunami Aceh, Simbol Bencana Alam 2004

Jumat, 25 Agustus 2023 | 14:09 WIB
X