• Sabtu, 1 Oktober 2022

Jejak Gamelan Di Indonesia, UNESCO Menetapkan Gamelan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

- Kamis, 16 Desember 2021 | 15:42 WIB
Gamelan warisan budaya (Garasi seni benawa)
Gamelan warisan budaya (Garasi seni benawa)

KETIKNEWS.ID,-- Badan PBB yang menangani pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan UNESCO telah menetapkan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage). Kabar baik hari ini datang dari kantor pusat UNESCO di Paris, indonesia harus terus melestarikan gamelan melalui bidang pendidikan, festival, pertunjukan, dan pertukaran budaya. (15/12/2021)

Gamelan Di Indonesia

Gamelan (pandji_vasco_da_gama)

Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.

Kemunculan gamelan didahului dengan budaya Hindu–Budha yang mendominasi Indonesia pada awal masa pencatatan sejarah, yang juga mewakili seni asli indonesia. Instrumennya dikembangkan hingga bentuknya sampai seperti sekarang ini pada zaman Kerajaan Majapahit.

consulate general of the Republic of indonesia (Gamelan kusuma laras)

Arti gamelan sebenarnya berasal dari kata “gamel” yang dalam bahasa jawa mempunyai arti memukul atau menabuh. Sedangkan pada akhiran kata ada imbuhan kata “an” yang berfungsi membentuk kata benda. Dengan begitu makna gamelan bisa kita artikan sebagai kumpulan dari beberapa alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh.

Terlihat pada relief candi ukiran gamelan yang ada pada di dindingg Candi Borobudur yang dibangun pada abad kesembilan. Relief pada dinding itu menggambarkan beberapa alat musik gamelan seperti: kendang, kecapi, dawai dan lonceng. Kemudian pada masa kerajaan Hindu-Budha, alat musik gamelan mulai diperkenalkan pada masyarakat jawa kemudian berkembang di Kerajaan Majapahit.

Proses laihan gamelan (Garasi seni benawa)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Terkini

X