• Rabu, 5 Oktober 2022

Memperkuat Seni Budaya Yogyakarta, Disbud Beri Apresiasi Seniman dan Budayawan

- Kamis, 23 Desember 2021 | 10:37 WIB
Pelaku seni yogyakarta (taoktasalsa_)
Pelaku seni yogyakarta (taoktasalsa_)


KETIKNEWS.ID,-- Yogyakarta adalah kota yang dikenal sebagai kota pelajar. Akan tetapi selain sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagi Kota Budaya yakni kota dengan berbagai budaya dan dijunjung tinggi oleh masyarakat Yogyakarta. Berbagai ragam kesenian tradisional Yogyakarta juga masih hidup dan dilestarikan oleh seniman-seniman Yogyakarta. Semua itu berkat para pelaku seni (Seniman) dan para Budayawan Yang terus berjuang melestarikannya.

Pemkot Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak khususnya pelaku budaya yang telah berkontribusi bagi pemeliharaan dan pengembangan budaya pada 2021. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam penghargaan yang diberikan kepada seniman dan budayawan di Kota Yogyakarta.

Nooryastuti “Inul” (bidang seni tari) (wahyuandhika22)

Kepala Disbud Kota Yogyakarta Yetti Martanti mengatakan kegiatan penghargaan Seniman dan Budayawan Kota Yogyakarta Tahun 2021 ini merupakan serangkaian proses panjang yang dimulai dari penjaringan nama-nama pelaku seni budaya, penggalian data dari berbagai referensi, kunjungan lapangan dan wawancara, penilaian tim juri, hingga penetapan oleh tim juri. Penghargaan Seniman dan Budayawan Kota Yogyakarta yang merupakan kali kelima sejak 2017 ini telah diserahkan di The Phoenix Hotel Yogyakarta.

” Penetapan penerima penghargaan ini merupakan hasil penilaian yang dilakukan secara obyektif oleh para juri. Selain itu, penghargaan ini bertujuan untuk memberikan semangat sekaligus motivasi kepada masyarakat Kota Yogyakarta agar turut berpartisipasi dalam pemeliharaan dan pengembangan budaya,” ujarnya di Yogyakarta, Rabu (22/12/2021).

Yetti menyatakan penyelenggaraan kegiatan Penghargaan Seniman dan Budayawan Kota Yogyakarta tahun 2021 adalah pelaksanaan dari amanat Undang-Undang No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayan (Pasal 50). Lebih jauh lagi, pemberian penghargaan ini juga telah diatur dalam Perda Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Budaya.

Triyanto Hapsoro ‘Genthong’ (bidang seni film) (dabgenthong)

” Penghargaan Seniman dan Budayawan Kota Yogyakarta Tahun 2021 diberikan kepada para penggiat seni, budaya, dan pelestari Cagar Budaya baik perorangan maupun lembaga yang memiliki dedikasi, integritas, kapasitas, daya aruh, prestasi, produktif, serta adaptif dan akomodatif di bidang kebudayaan. Penghargaan diberikan kepada tiga kategori, yaitu kategori Penggiat/Pelaku Seni, kategori Penggiat/Pelaku Budaya dan kategori Pelestari Cagar Budaya,” paparnya.

Adapun penerima Penghargaan Seniman dan Budayawan Kota Yogyakarta Tahun 2021 yaitu Kategori Penggiat/Pelaku Seni diberikan kepada Angela Retno Nooryastuti “Inul” (bidang seni tari), Triyanto Hapsoro ‘Genthong’ (bidang seni film) dan Drs. Susilo Nugroho (bidang seni teater). Selanjutnya kategori Penggiat/Pelaku Budaya diberikan kepada Alm Gunawan Maryanto ‘Cindhil’, Haryani Winotosastro dan Majalah Basis. Kategori Pelestari Cagar Budaya diberikan kepada Erwito Wibowo dan R.M. Tity Murhadi Ndalem Pujokusuman.

” Kegiatan penghargaan ini diharapkan dapat memperkuat eksistensi pelaku budaya dalam rangka membangun ekosistem kebudayaan di Kota Yogyakarta. Pendataan dan penjaringan pelaku seni budaya dalam proses penilaian selama kegiatan ini menjadi modal utama dalam membangun suatu ekosistem kebudayaan,” tutur Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB
X