• Senin, 27 Juni 2022

Mitos Atau fakta, Hubungan Nyiroro Kidul Dan Raja-Raja Mataram Telah Memperkuat legitimasi kebudayaan

- Kamis, 23 Desember 2021 | 12:19 WIB
 Masyarakat meyakini bahwa hubungan antara Kanjeng Ratu Laut Selatan dan raja-raja Mataram (wind_talifams)
Masyarakat meyakini bahwa hubungan antara Kanjeng Ratu Laut Selatan dan raja-raja Mataram (wind_talifams)

KETIKNEWS.ID,-- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) DR Eko Yulianto mengaku penasaran pada cerita Nyi Roro Kidul, legenda yang menurut dia juga pernah dibahas dalam kongres paranormal di Paris pada 1980an.

Dalam pertemuan di Eropa itu, para paranormal umumnya tertarik pada fakta bahwa legenda itu berkembang di kalangan masyarakat sepanjang selatan Indonesia, bukan hanya pantai selatan Jawa. Suatu kawasan yang sangat panjang. Itu pula yang menjadikan peneliti "paleotsunami " (tsunami purba) itu penasaran pada legenda tersebut.

Ratu Laut Selatan diyakini memiliki sebuah kerajaan (armanarmano)

Menurut Wikipedia ensiklopedia bebas, Ratu Laut Selatan merupakan sebutan yang secara umum merujuk pada dua tokoh, yakni Nyi Roro Kidul dan Kanjeng Ratu Kidul. Kepercayaan terhadap keberadaan penguasa laut di selatan Pulau Jawa (Samudra Hindia) telah diyakini oleh masyarakat Jawa, Sunda dan Bali selama ini.

Kepercayaan tersebut menjelma menjadi mitologi masyarakat yang banyak membawa pengaruh dari segi kepercayaan dan adat istiadat masyarakat setempat. Seiring berjalannya waktu, kepercayaan tersebut masih tumbuh subur, meskipun banyak juga masyarakat yang menampik cerita tersebut dan hanya menganggap sosok Ratu Laut

Selatan sebagai mitos belaka.Baca Juga: Peruntungan Shio di Tahun 2022, Cek Ramalanmu di Sini!

Ratu Laut Selatan diyakini memiliki sebuah kerajaan yang berada tepat di jantung samudera. Sedangkan perkiraan pantai mana yang menjadi pintu gerbang menuju kerajaan tersebut masih banyak yang memiliki pendapat berbeda. Namun disini kita akan mengangkat tentang salah satu pantai yang menurut kebudayaan dan tradisi Jawa, diyakini sebagai pintu gerbang untuk masuk ke ke rajaan Ratu Laut Selatan. Pantai tersebut ialah Pantai Parangkusumo, yang terletak di kawasan Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) DR Eko Yulianto mengaku penasaran pada cerita Nyi Roro Kidul (tijanatimebomb)

Berbagai upacara adat seperti Upacara Labuhan pun digelar. Baik masyarakat sekitar hingga pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningat menggelar Upacara Labuhan di pantai ini. Upacara tersebut digelar sebagai wujud peringatan terhadap simbol ikatan dan kekuasaan yang terjadi antara pihak Keraton dengan Ratu Laut Selatan.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Mbah Sarjini mengatakan, Upacara Labuhan di Pantai Parangkusumo adalah ritual penting bagi pihak Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Berdasarkan cerita, dulu Ratu Laut Selatan telah berjanji akan melindungi Panembahan Senopati beserta seluruh keturunannya dan Kerajaan Mataram pada saat mereka berada dalam kesulitan.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Terkini

Misteri Gunung Jaya wijaya Papua Yang Mencekam

Rabu, 13 April 2022 | 15:14 WIB

4 Penguasa Lautan Selain Nyi Roro Kidul

Selasa, 22 Februari 2022 | 19:11 WIB

Identik dengan Hal Mistis, Apa Itu Ritual Klenik?

Senin, 14 Februari 2022 | 15:42 WIB
X