• Senin, 23 Mei 2022

Televisi Menjadi Pilihan Untuk Hiburan, Tapi Tahukan kalian Sejarah TV ?

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 13:54 WIB
sejarah tv (wasuk_galeri)
sejarah tv (wasuk_galeri)

KETIKNEWS.ID,-- Jauh sebelum orang-orang dibuat sibuk oleh smartphone, televisi bisa dibilang hanyalah satu dari sedikit opsi yang kerap dipilih orang saat ingin mendapatkan hiburan. Alhasil, menonton televisi pun seperti menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Pagi televisi, siang televisi, malam televisi. Nah, seperti apa sih sebenarnya sejarah televisi ini?

Seperti diketahui, televisi (TV) adalah sebuah media telekomunikasi yang diciptakan dari sinar elektroda ciptaan John Mc. Graham dari Saththam. Penggunaan kata “Televisi” sendiri dapat merujuk kepada banyak hal, termasuk “kotak televisi”, “acara televisi”, ataupun “transmisi televisi”.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Tradisi Santiago, Tradisi Berziarah ke Makam Para Sultan-Sultan Buton

Jika mengacu pada sejarah, disebutkan bahwa perkembangan televisi diawali dengan penemuan dasar hukum gelombang elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Farraday pada tahun 1831. Penemuan ini merupakan titik awal bertumbuhnya era komunikasi elektronik, sebelum pada tahun 1862, Abbe Giovanna Caselli menemukan pantelegraph sebagai alat pertama yang mampu mentransmisikan gambar melalui kawat.

perkembangan televisi (superiorvintagee)

18 Tahun kemudian, atau tepatnya pada tahun 1880, Alexander Graham Bell dan Thomas Edison mengeluarkan teori bahwa selain suara, perangkat telepon pun dapat mengirimkan gambar. Bell lantas menciptakan photophone yang berfungsi untuk mengirimkan suara dan gambar. Sementara Paul Nipko, seorang mahasiswa 23 tahun di Jerman berhasil mengirim gambar dengan menggunakan kawat resolusi 18 garis yang melingkar dan disebut sebagai teleskopelektrik pada tahun 1884. Dari sini, perlahan tapi pasti, televisi lahir.

Baca Juga: Keberadaan Islam Nusantara Telah Dipraktikkan sejak Lama

Istilah “televisi” sendiri pertama kali dicetuskan oleh ilmuwan Rusia bernama Constantin Perskyi dalam sebuah pertemuan bertajuk Congress of Electricity di Paris pada tahun 1900. Didalamnya, kita akan menemukan bermacam-macam sirkuit elektronik, termasuk sirkuit penerima dan penangkap gelombang penyiaran.

Penemuan Tv oleh Joseph Henry dan Michael Farraday pada tahun 1831 (wasik_galeri)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Terkini

Jejak Sejarah Gedung Lawang Sewu Semarang

Kamis, 31 Maret 2022 | 15:05 WIB

Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN

Senin, 14 Maret 2022 | 11:08 WIB

Sejarah Hari Musik Nasional 2022

Rabu, 9 Maret 2022 | 14:10 WIB
X