• Senin, 23 Mei 2022

Menjajaki Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

- Selasa, 28 Desember 2021 | 15:15 WIB
Museum Ullen Sentalu  (hrrysinclair)
Museum Ullen Sentalu (hrrysinclair)

KETIKNEWS.ID,-- Museum Ullen Sentalu menjadi satu dari sekian banyak museum dan tempat bersejarah menarik yang wajib dikunjungi di Jogja. Tempat wisata Jogja ini menyimpan berbagai macam barang peninggalan Kerajaan Mataram Jawa mulai dari perabotan hingga batik milik para bangsawan.
Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum yang didirikan pemerintah Jogja atas prakarsa keluarga Haryono dan Yayasan Ulating Blencong.

Nama Ullen Sentalu yang disematkan pada museum ini merupakan singkatan dari sebuah pepatah Jawa yakni Ulating Blencong Sejatining Tataraning Lumaku. Falsafah tersebut memiliki arti nyala lampu blencong sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Harapannya dengan adanya museum ini bisa menjadi pengingat bagaimana jati diri bangsa dan budaya yang ditanamkan oleh kerajaan Mataram dulu.

1. Museum yang mengenalkan sejarah Keraton Solo dan Jogja

Museum Ullen Sentalu (dony_chard)

Museum Ullen Sentalu banyak mengisahkan tentang peradaban Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi 4 keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Para pengunjung yang datang ke Museum ini akan dapat melihat banyak lukisan dan foto bangsawan pada zaman tersebut, koleksi kain batik Solo dan Yogyakarta yang ternyata memiliki makna tersendiri, gamelan kuno, arca-arca budaya Hindu dan Budha, serta peninggalan lainnya.

2. Awalnya adalah museum koleksi pribadi

Museum Ullen Sentalu (dony_chard)

Museum ini digagas oleh keluarga Haryono, keluarga pembatik di Jogja yang memang masih keturunan bangsawan. Mereka suka mengoleksi peninggalan warisan budaya Jawa karena sangat mencintai sejarah Indonesia, khususnya Jawa.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Tags

Terkini

Jejak Sejarah Gedung Lawang Sewu Semarang

Kamis, 31 Maret 2022 | 15:05 WIB

Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN

Senin, 14 Maret 2022 | 11:08 WIB

Sejarah Hari Musik Nasional 2022

Rabu, 9 Maret 2022 | 14:10 WIB
X