• Jumat, 19 Agustus 2022

5 Fakta Sains Tentang Dark Jokes

- Kamis, 13 Januari 2022 | 13:48 WIB
jenis gurauan kita lontarkan saat sedang nongkrong dengan kawan. (Dok. unsplash.com)
jenis gurauan kita lontarkan saat sedang nongkrong dengan kawan. (Dok. unsplash.com)


KETIKNEWS.ID-- Berbagai jenis gurauan kita lontarkan saat sedang nongkrong dengan kawan. Baik jokes receh maupun dark jokes kita gunakan untuk memecahkan suasana canggung. Namun, ada kalanya jokes tersebut malah memperburuk suasana.

Baca Juga: Inilah Daftar Pemenang dari Penghargaan Korea First Brand Awards 2022, Ada Idolmu di Sini?

Biasanya, suasana makin buruk apabila kita mengucapkan dark jokes dan humor merendahkan diri pada saat yang tidak tepat. Meskipun begitu, keduanya punya nilai positif juga. Yuk, simak lima faktanya!

1. Mengapa kita melakukan self deprecating jokes?

Melansir verywellmind, kita tidak ingin memberikan kesan angkuh terhadap lawan bicara. Maka dari itu, kita malah meremehkan nilai positif diri kita atau bahkan menghina diri sendiri agar terlihat rendah hati.

Nah, self deprecating jokes adalah bentuk refleks yang kita lontarkan untuk menyangkal nilai positif kita sendiri. Disitus Universitas Arcadia menjelaskan bahwa humor ini merupakan cara otak kita untuk memantau lingkungan sosial, melihat sejauh mana diri kita diterima versus sejauh mana kita ditolak orang lain. Sikap kritis pada diri sendiri ini bersifat bias, sehingga kita merasa tidak layak dipuji.

2. Humor merendahkan diri juga punya kelebihan

Dalam penelitian berjudul 'Is the use of humor associated with anger management? The assessment of individual differences in humor styles in Spain' oleh Jorge Torres-Marín dan rekan-rekannya, menyebutkan bahwa self deprecating jokes punya kelebihan.

Meskipun sering dikaitkan dengan efek psikologis yang negatif, studi ini justru membuktikan sebaliknya. Mereka yang cenderung menggunakan self deprecating jokes menunjukkan tingkat kesejahteraan emosional yang lebih tinggi.

Baca Juga: Warna Seragam Satpam Bakal Diganti, Terlalu Mirip Polisi

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Sains Tentang Dark Jokes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:48 WIB
X