• Selasa, 16 Agustus 2022

Banyuresmi Kampung Sekolah Tukang Cukur Andal Indonesia yang Ada Di Garut Jawa Barat

- Senin, 17 Januari 2022 | 10:30 WIB
Salah Satu lulusan dari Barber school Abah Atrox, anak muda dari kecamatan Caringin, Garut Selatan telah dinyatakan lulus menjadi seorang seniman cukur rambut (Instagram @abah.Atrox)
Salah Satu lulusan dari Barber school Abah Atrox, anak muda dari kecamatan Caringin, Garut Selatan telah dinyatakan lulus menjadi seorang seniman cukur rambut (Instagram @abah.Atrox)

KETIKNEWS.ID.-- Berbicara mengenai tukang cukur yang ada di Indonesia, kita tidak akan terlepas dari sebuah kota di Jawa Barat yang mayoritas penduduknya merupakan tukang cukuratau pangkas rambut. 

Ya Garut, salah satu daerah yang ada di Jawa Barat ini sudah sejak lama di kenal sebagai daerah penghasil tukang cukur atau pangkas rambut yang handal dengan ragam keunikan.

Salah Satu Kegiatan Praktek lapangan sekolah cukur Abah Atrox's (Instagram @abah.atrox)

Potongan rambut rapi dengan pelayan sopan plus pijat refleksi memang menjadi ciri khas para pemotong rambut atau tukang cukur dari Kota Dodol ini. Namun, dari 421 desa yang ada saat ini, hanya dua desa, yakni Banyuresmi dan Bagendit di Kecamatan Banyuresmi yang bisa disebut ikon gudangnya tukang cukur Indonesia.

Tidak aneh, sebab mulai anak-anak, remaja hingga dewasa dan orang tua, secara alami saling mewarisi keahlian menata mahkota kepala tersebut secara otodidak alias alami.

Dilangsir drai Akun instagram @abah.atrox, Pemilik Sekolah Cukur Rambut Abah Atrox's mengatakan, keahlian masyarakat Banyuresmi dalam menata rambut atau pangkas rambut diperoleh secara autodidak tanpa sentuhan pendidikan formal.

Salah satu kegiatan praktek lapangan kursus cukur Abah Atox's (Instagram @abah.atrox)

Namun, seiring berjalannya waktu, para orang tua yang sudah pensiun dari profesinya sebagai tukang pangkas rambut, mulai berpikir menurunkan ilmunya secara terlatih.

Selain faktor lingkungan masyarakat yang sudah lama melekat sebagai tukang cukur, menurut dia, jiwa pengelana turut mengantarkan warga desanya sebagai pemasok tukang cukur rambut andal di Indonesia.

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: Berbagai Sumber, Instagram @abah.atrox

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Mitos di Tanah Sunda yang Memiliki Sebab Akibat

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:02 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB

3 Makna Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:18 WIB
X