• Jumat, 9 Desember 2022

Kampung Ciptagelar Dapat Bantuan Pengembangan Desa Wisata

- Senin, 17 Januari 2022 | 14:19 WIB
Kampung Ciptagelar Dapat Bantuan Pengembangan Desa Wisata (Dok. abah_ugi_sugriana_kzz)
Kampung Ciptagelar Dapat Bantuan Pengembangan Desa Wisata (Dok. abah_ugi_sugriana_kzz)

KETIKNEWS.ID,-- Ketua Adat Kasepuhan Ciptagelar Sugriana Rakasiwi berharap dengan digelarnya Peringatan Sewindu UU Desa di Kasepuhan Ciptagelar, bisa memotivasi kampung adat lainnya untuk tetap semangat mempertahankan nilai budaya di Indonesia.

Baca Juga: Desa Wisata Bejijong di Mojokerto, Pertahankan Nuansa kerajaan Majapahit

Berdasarkan catatan, Kasepuhan Adat Ciptagelar mulai berdiri pada 1368 dan telah beberapa kali mengalami perubahan kepemimpinan yang dilakukan secara turun temurun.

Kasepuhan Adat Ciptagelar mulai berdiri pada 1368 (Dok. abah_ugi_sugriana_kzz)

Sampai saat ini Kasepuhan Ciptagelar juga telah mengalami beberapa kali perpindahan desa pusat pemerintahan yang disebut sebagai Kampung Gede, karena masih menjalankan tradisi berpindah yang berdasar pada wangsit yang diterima dari para leluhur (karuhun).

Baca Juga: Tinjau Homestay di Desa Wisata Mong NTB, Menparekraf Siap Berikan Pendampingan SDM

"Mudah-mudahan UU Desa ke depan lebih maju," kata Abah Ugi di Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jumat (14/1). Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar yang juga hadir menyerahkan bantuan secara simbolis.

Kasepuhan Adat Ciptagelar mulai berdiri pada 1368 (Kampung Ciptagelar)

Bantuan tersebut berupa alat musik Gamelan dan bantuan pengembangan Desa Wisata sebesar Rp 500 juta. Gus Halim juga diangkat sebagai Warga Kehormatan Kasepuhan Ciptagelar yang diberikan oleh Abah Ugi.

Gus Halim juga menyerahkan wayang kepada dalang sebagai bukti dimulainya pertunjukkan Wayang Golek yang disambut antusias warga Ciptagelar.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anthoni Salim Bos Indofood Bisnisnya Merajai Dunia

Kamis, 17 Maret 2022 | 15:32 WIB
X