• Jumat, 19 Agustus 2022

ABRYAL ETHNIC komunitas Musik Ethnik Bersahabat Dengan Teknologi Digital

- Selasa, 1 Februari 2022 | 14:39 WIB
Komunitas yang berdomisili di Jakarta Timur (Dok. sumitraadi)
Komunitas yang berdomisili di Jakarta Timur (Dok. sumitraadi)

KETIKNEWS.ID,-- Perkembangan teknologi digital di Zaman sekarang sangatlah pesat menyentuh berbagai sektor terutama bagi dunia industri musik. Dengan perkembangan dunia digital saat ini, para komunitas bisa beriringan dengan perkembangan zaman yang ada.

Dulu rekaman suara harus melalui studio musik lalu diolah dengan komposer yang sangat profesional. di zaman sekarang semua sudah berubah dan serba mudah. Para komunitas musik di Jakarta mulai berkembang dengan berbagai genre mereka telah memanfaatkan teknologi digital untuk menyalurkan kreativitasnya.

Baca Juga: Sejarah Panjang Seni Boles Dan Ngagotong Lisung Mendapat Hak Ciptakan Dari Kemenkumham

Salah satu komunitas yang jeli memanfaatkan teknologi digital adalah Komunitas Abryal Ethnic. Komunitas yang berdomisili di Jakarta Timur ini beranggotakan anak-anak Betawi.

Komunitas Abryal Ethnic bertunjuan untukk mengedukasi dan memperkenalkan lagu-lagu tradisional khususnya Betawi (Dok. sumitraadi)

Komunitas ini bergerak di dunia musik, utamanya memainkan lagu-lagu Betawi. Meski begitu, Abryal tidak pantangan memainkan lagu pop barat dan asia lainnya.

Dengan kreativitas dan kemampuan bermusik, mereka sudah mengaransemen lagu-lagu sendiri. Lagu Betawi yang sudah mereka mainkan antara lain: Ciung, Kramat Karem, Balo-Balo, Cente Manis, Janda Kembang, dan Siram Kembang. Juga mengubah aransemen lagu Betawi modern seperti lagu Amineh, Bini Tua, Pijitin, dan lain lain.

Baca Juga: Komunitas Ethnic Creative Base Hadirkan Workshop untuk Kenalkan Dunia Industri Musik Digital

Selain lagu-lagu Betawi, ada beberapa lagu yang memang terkenal di ranah global, mereka sampaikan dengan aransemen yang menarik dengan sentuhan aransemen etnik Indonesia. Misalnya She’s Gone, Sweet Child O’mine, El Chumbasero, dan lain lain. Abryal Ethnic pun mengaransemen backsound kartun Jepang seperti Naruto – The Rising Fight Spirit.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kebudayaanbetawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Sains Tentang Dark Jokes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:48 WIB
X