• Kamis, 1 Desember 2022

Seniman Minangkabau Agung Perdana, Keliling Dunia Sebarkan Musik Etnik Talempong

- Kamis, 3 Februari 2022 | 17:27 WIB
Bermodalkan kepiawaiannya memainkan instrumen talempong (Dok.jagunk)
Bermodalkan kepiawaiannya memainkan instrumen talempong (Dok.jagunk)

KETIKNEWS.ID,-- Agung Perdana S.Sn.,M,Sn merupakan seorang komposer, arranger dan musisi etnik dengan spesifikasi utama talempong. Talempong merupakan alat musik tradisional Minangkabau yang terbuat dari campuran tembaga, timah putih dan besi putih yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik yang terbuat dari bahan kayu.

Baca Juga: 6 Seniman Lukis Indonesia Pertunjukan karyanya di 9th Beijing International Art Biennale

Alat musik talempong ini biasanya dimainkan mengiringi acara-acara adat di Minangkabau. Bermodalkan kepiawaiannya memainkan instrumen talempong inilah Jaguank, demikian sapaan akrabnya telah merambah ke 12 negara di dunia.

Agung Perdana S.Sn.,M,Sn merupakan seorang komposer (Dok. branddubai)

Kroasia, China, Korea Selatan, Australia, Thailand, Malaysia, Uni Emirat Arab, Rumania, Singapura, Tajikistan, Kazakhstan dan Vietnam adalah negara-negara yang pernah dikunjungi Agung Perdana. Misi utamanya adalah memperkenalkan alat musik tradisional Minangkabau, khususnya talempong ke mancanegara. Pria kelahiran Bukittinggi, 2 Januari 1991 ini sangat yakin bahwa talempong akan dapat diterima dan diakui di dunia.

Baca Juga: Perjalanan seniman Ukir Gorga Dari Suku Batak Sumatera Utara

Kepiawaian Jaguank dalam memainkan talempong, khususnya skill dan kecepatan tangannya memukulkan stik ke talempong, membuat siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum. Berbagai jenis aliran musikpun dapat diiringinya dengan mudah menggunakan talempong, mulai dari etnik, pop, blues, jazz, rock dan lainnya.

Perkenalan Agung Perdana dengan instrumen talempong ini tidak terlepas dari peranan keluarga, sang Ayah dan Kakek adalah pemain musik talempong tradisi. Pola pewarisan yang tetap terjaga di lingkungan keluarganya membuat Agung jatuh cinta dengan alat musik tradisional ini. “Yang diwariskan oleh keluarga bukanlah harta, melainkan seni”, hal ini diungkapkan Agung pada kegiatan Dialog Pelestarian Nilai Budaya.

Talempong merupakan alat musik tradisional Minangkabau yang terbuat dari campuran tembaga (Dok.jaguank)

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB
X