• Minggu, 26 Juni 2022

Jangan Buang Sampah Organik Dapur, Berikut Cara Mengolahnya Menjadi Kompos

- Kamis, 10 Februari 2022 | 10:35 WIB
Cara Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos (rumah.com)
Cara Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos (rumah.com)

KETIKNEWS.ID.--Sampah organik merupakan limbah yang berasal dari sisa makhluk hidup atau alam seperti manusia, hewan dan tumbuhan yang mudah mengalami pelapukan atau pembusukan seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah organik dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos.

Baca Juga: LBH Yoyakarta: Perlawanan Warga Wadas Bukan Hanya Soal Kepemilikan Tanah

dilangsir dari jabar.litbang, Kompos adalah pupuk alami (organik) yang terbuat dari bahan-bahan hijauan dan bahan organik lain yang sengaja ditambahkan untuk mempercepat proses pembusukan, misalnya kotoran ternak atau bila dipandang perlu, bisa ditambahkan pupuk buatan pabrik, seperti urea .

Pengolahan sampah organik menjadi kompos telah banyak dilakukan dengan berbagai metode. Pengelolaan sampah yang efektif adalah dari unit terkecil penghasil sampah, yaitu dari rumah tangga.

Tempat pembuatan sampah organik (jabar.litbang.pertanian)

Untuk mempercepat pembuatan kompos diperlukan bioaktivator seperti Effective Microorganisms 4 (EM4) yang merupakan kultur campuran dalam medium cair berwarna coklat kekuningan, berbau asam dan terdiri dari mikroorganisme yang menguntungkan bagi kesuburan tanah.

Baca Juga: Polri Ungkap Penipuan Berkedok Trading Manfaatkan Influencer

Salah satu alternatif pembuatan komposter sederhana skala rumah tangga dapat dibuat dengan memanfaatkan barang bekas di sekitar rumah. Prinsipnya seperti dandang, ada saringan dan penutup.

Bahan yang diperlukan untuk membuat komposter :

Halaman:

Editor: Usamah Kustiawan

Sumber: jabar.litbang.pertanian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Tujuh Likur dan Pintu Gerbang Lingga

Rabu, 27 April 2022 | 13:35 WIB

Pekan Seni dan Budaya Korea Bersama LRT Jakarta

Rabu, 27 April 2022 | 10:09 WIB
X