Mengenal Syekh Subakir Ulama Persia Penyebar Agama Islam di Tanah jawa

- Rabu, 2 Maret 2022 | 16:51 WIB
Sebelum mengenal agama Islam masyarakat tanah Jawa terlebih dulu menganut ajaran Hindu dan Buddha. (Dok. avinagustianto)
Sebelum mengenal agama Islam masyarakat tanah Jawa terlebih dulu menganut ajaran Hindu dan Buddha. (Dok. avinagustianto)


KETIKNEWS.ID,-- Sebelum mengenal agama Islam masyarakat tanah Jawa terlebih dulu menganut ajaran Hindu dan Buddha. Penyebaran agama Islam di pulau Jawa selalu diidentikkan dengan peran Wali Songo. Namun sebelum era Wali Songo, dakwah Islam sebenarnya telah dimulai oleh Syekh Subakir.

Di antara ragam Serat Jayabaya salah satu versinya bercerita tentang Syekh Subakir dan peranannya di pulau Jawa, hikayat Syekh Subakir juga tertulis di lontar kuno yang diperkirakan dibuat oleh Sunan Derajat.

Baca Juga: Peristiwa Isra Miraj Dalam Sejarah Umat Islam

Syekh Subakir adalah seorang ulama besar yang berasal dari Persia. Diriwayatkan proses Islamisasi di tanah Jawa mengalami hambatan disebabkan kuatnya masyarakat Jawa dalam memegang agama kepercayaan.

Syekh Subakir datang ketanah jawa generasi awal, karena di perintah Sultan Muhammad Al-Fatih di Istanbul Turki.

Baca Juga: 7 Tempat yang Menjadi Simbol Toleransi di Yerusalem, Salah satunya Menjadi Tempat Suci bagi Umat Agama Islam

Konon hambatan penyebaran Islam di tanah Jawa disebabkan oleh bangsa Jin yang menghuni setiap sudut pulau Jawa. Bangsa jin ini dipimpin oleh Sabdo Palon atau Kyai Semar yang bersemayam di puncak gunung tidar Magelang Jawa Tengah.

Syekh Subakir yang ahli dalam ilmu batin segera melakukan pembersihan dengan menancapkan tumbal yang berupa batu hitam di puncak gunung Tidar.

Sebelum mengenal agama Islam masyarakat tanah Jawa terlebih dulu menganut ajaran Hindu dan Buddha. (Dok.candiborobudur)

Seluruh Jawa bergejolak, seluruh bangsa Jin yang menguasai tanah Jawa merasakan kepanasan yang teramat sangat. Hingga mereka berlari tunggang langgang ke bagian terpencil di pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X