• Rabu, 5 Oktober 2022

Festival Pencak Silat ke-IV Pagar Nusa Digelar Secara Daring

- Kamis, 10 Maret 2022 | 18:07 WIB
Festival Pencak Silat ke-IV Pagar Nusa (Dok.hannanwafani)
Festival Pencak Silat ke-IV Pagar Nusa (Dok.hannanwafani)

KETIKNEWS.ID,-- Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Banten mengirimkan 39 atlet terdiri dari 17 putra dan 12 putri, dengan kategori Tunggal, Ganda, Regu dan Jurus Baku Pagar Nusa, untuk berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Festival ke-IV Pencak Silat NU Pagar Nusa yang digelar secara daring karena kondisi pandemi.

Kejurnas dan Festival IV Pagar Nusa telah berlangsung secara virtual pada 4-6 Maret 2022 lalu. Acara ditutup oleh Ketua Umum Pagar Nusa Gus Muchamad Nabil Haroen di Wisma Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (6/3/2022).

Baca Juga: Kantor ESDM V Sumedang Berbagi Tempat Dengan Venue Pencak Silat

Ketua PW Pagar Nusa Banten Mohammad Nasir, mengungkapkan beribu-ribu terima kasih untuk seluruh atlet dan seluruh kontingen yang telah berjuang demi mengharumkan nama baik Banten di kancah persilatan. Selain silat Banten dan Jawarannya, Ia mengajak untuk mengenalkan budaya Banten dengan pesilat yang berprestasi.

Festival Pencak Silat ke-IV Pagar Nusa (Dok.pagar_nusa)

“Pada tahun ini ada peningkatan prestasi, jika kejurnas yang lalu di tahun 2019 kita hanya mendapatkan 3 medali saja, maka sekarang alhamdulillah bertambah fantastis yaitu 8 medali sekaligus,” ungkapnya

Baca Juga: Menpora: Pencak Silat Konsisten Sumbangkan Prestasi untuk Indonesia

Kang Monas sapa akrabnya, menguraikan terdapat dua bagian dalam pencak silat. Pertama pencak silat prestasi, kedua pencak silat tradisi. Namun begitu, Monas mengatakan, kesuksesannya dikejuaraan kali ini merupakan salah satu khidmah yang dipersembahkan untuk para pendekar di Banten.

“Kesuksesan kita di kejuaraan kali ini merupakan salah satu bagian dari Khidmah kepada Pencak Silat yang dipersembahkan untuk para pendekar yang ada di Banten”. Pencak silat ini kalau kita bagi ada dua bagian, yang pertama adalah pencak silat prestasi dan kedua adalah pencak silat tradisi," urai Kang Monas

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: NU

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB
X