• Minggu, 3 Juli 2022

Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN

- Senin, 14 Maret 2022 | 11:08 WIB
Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN (Dok.jalur5)
Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN (Dok.jalur5)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden RI Joko Widodo akan berkemah di IKN pada tanggal 13 - 14 Maret 2022. Bahkan lima Gubernur se Kalimantan akan bersama Presiden, yakni Gubernur Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Tidak hanya itu Gubernur se Indonesia juga akan berkunjung ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada tanggal 14 Maret 2022 mendatang.

Ada ritual unik dan menarik ini merupakan simbol cinta tanah air, seluruh Gubernur se Indonesia yang datang, akan membawa satu liter air dan dua kilogram tanah dari masing-masing daerahnya kemudian air dan tanah itu akan dimasukan kedalam Kendi Nusantara.

Baca Juga: Ritual Kendi Nusantara, Air Dan Tanah Jawa Barat Untuk IKN Nusantara

Tepat dititik Nol IKN Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kendi yang terbuat dari tembaga akan menampung air dan tanah dari seluruh Indonesia, kegiatan tersebut merupakan simbolisasi awal pembangunan IKN Nusantara.

Mengutip dari instagram Pemprov_Kaltim, Kepala Biro ADPIM Setda Provinsi Kaltim Syafranuddin mengungkapkan "Ritual ngalak air mengandung filosofi agar selalu mengingat asal muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang diwariskan," ungkapnya.

Seluruh Gubernur yang datang diarahkan oleh Presiden mamakai pakaian adat dari masing-masing daerahnya, sambungnya.

Sejarah Ritual Ngalak Air di Kerajaan kutai Kartanegara

Dalam catatan sejarah Kutai Lama menjadi pusat Kerajaan Kutai Kertanegara selama empat abad sebelum berpindah ke Jembayan dan terakhir di Tenggarong.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Singkat Kerajaan Islam Samudera Pasai

Jumat, 1 Juli 2022 | 13:31 WIB

Jejak Sejarah Gedung Lawang Sewu Semarang

Kamis, 31 Maret 2022 | 15:05 WIB

Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN

Senin, 14 Maret 2022 | 11:08 WIB
X