• Minggu, 3 Juli 2022

Presiden Soekarno Dalam Pemikirannya tentang Islam

- Rabu, 16 Maret 2022 | 17:28 WIB
Presiden Soekarno Dalam Pemikirannya tentang Islam (Dok. Soekarno)
Presiden Soekarno Dalam Pemikirannya tentang Islam (Dok. Soekarno)

KETIKNEWS.ID,-- Dalam beberapa tulisan yang kemudian diterbitkan dalam buku ”Di Bawah Bendera Revolusi”, Soekarno sering menjadikan Islam sebagai topik pembahasan. Dalam ulasannya itu, baik sebagai nilai-nilai normatif maupun manifestasinya di dalam sejarah, Islam dipikirkan oleh Soekarno secara terbuka, dialogis, kritis sekaligus konstruktif.

Demikian disampaikan Direktur Eksektif Lembaga Studi Agama dan Filsafat (LSAF), Iqbal Hasanuddin, saat menjadi narasumber dalam Tadarus Ramadhan bertemakan "Soekarno dan Pemikiran Islam" yang dilaksanakan Generasi Islam Milenial (Genial) Indonesia secara daring melalui aplikasi Zoom, Kamis (15/4).

Baca Juga: Sejarah Tradisi Begalan Dalam Masyarakat Banyumas Jawa Tengah

Iqbal menjelaskan, sebagai seorang anak yang lahir dan dibesarkan dalam sebuah keluarga Muslim-Jawa dan terlibat aktif dalam gerakan Sarekat Islam, Soekarno memiliki ketertarikan pada Islam dan pemikiran keislaman. Misalnya, berkat jaringan yang dimiliki Tjokroaminoto sebagai Ketua Central Sarekat Islam, Soekarno bisa berkenalan dengan Kiai Ahmad Dahlan dan ikut pengajian-pengajiannya di Surabaya.

Baca Juga: Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN

"Lewat jaringan yang sama pula, Soekarno bersahabat dengan Kiai Mas Mansur. Berkat kedekatan dan kesamaan pandangan dengan tokoh-tokoh penting Muhammadiyah itu pula, Soekarno belakangan memutuskan untuk menjadi anggota Muhammadiyah saat menjalani masa hukuman oleh pemerintah Hindia Belanda di Bengkulu (1938-1942)," jelas Iqbal.

Presiden Soekarno Dalam Pemikirannya tentang Islam (Dok. Soekarno)

Selain itu, sambung Iqbal, Soekarno banyak membaca buku-buku tentang perkembangan Islam di dunia modern melalui buku-buku berbahasa Inggris, bahasa Belanda dan bahasa Eropa lainnya. Sementara buku-buku tentang Islam dan pemikiran Islam yang menjadi referensi utama Soekarno adalah karya para pemikir dunia Islam seperti Sayyid Amir Ali, Farid Wajdi, Jamaluddin al-Afghani, Mohammad Abduh, 'Ali 'Abd al[1]Raziq, Qasim Amin, Halide Edib Hanoum, dan lain-lain.

"Jelas bahwa Soekarno memiliki minat yang sangat besar pada tema pembaruan modern dalam Islam. Dalam konteks itu, Soekarno membuat beberapa tulisan tentang pemikiran Islam, khususnya yang terkait dengan pembaruan Islam. Di antaranya adalah "Surat-surat Islam dari Endeh" yang merupakan dokumentasi dari dialog antara Soekarno di Endeh dan Ahmad Hassan dari Persatuan Islam di Bandung," ungkap Iqbal.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: NU

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Singkat Kerajaan Islam Samudera Pasai

Jumat, 1 Juli 2022 | 13:31 WIB

Jejak Sejarah Gedung Lawang Sewu Semarang

Kamis, 31 Maret 2022 | 15:05 WIB

Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN

Senin, 14 Maret 2022 | 11:08 WIB
X