• Minggu, 3 Juli 2022

Alan Turing Bapak Ilmu Komputer yang Awalnya Dianggap Pahlawan Namun Akhirnya Dianggap Penjahat

- Selasa, 22 Maret 2022 | 13:25 WIB
Alan Turing Bapak Ilmu Komputer yang Awalnya Dianggap Pahlawan Namun Akhirnya Dianggap Penjahat (Wikipedia)
Alan Turing Bapak Ilmu Komputer yang Awalnya Dianggap Pahlawan Namun Akhirnya Dianggap Penjahat (Wikipedia)

KETIKNEWS.ID,-- Alan Mathison Turing dikenal dengan nama Alan Turing seorang ahli matematika, kriptografi, dan pahlawan Inggris yang lahir pada tanggal 23 Juni 1912 dan juga dianggap sebagai bapak ilmu komputer dan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

Beliau telah terkenal jenius sejak muda seperti pada umur 14 tahun Alan Turin telah mampu menyelesaikan soal matematika yang rumit tanpa harus mempelajari kalkulus dasar.

Alan Turing menempuh pendidikan tinggi di University of Cambridge dan saat masa kuliah Alan Turing mulai mempunyai konsep tentang mesin universal yang sekarang dikenal dengan nama komputer yang pada saat itu belum terpikirkan oleh orang banyak.

Baca Juga: Jabar Bakal Jadi Ikon Inacraft 2022, Pameran Terbesar se-Asia Tenggara

Pada tahun 1936, Alan Turing mulai memaparkan konsepnya ini melalui sebuah makalah yang berjudul "On Computable Numbers With An Application To The Entscheidungsproblem" dan makalah ini mendapat penghargaan dari University of Cambridge.

Setelah menerbitkan makalah tentang konsep universal tersebut Alann Turing direkrut oleh pemerintahan Inggris sebagai Cryptanalysist sebagai pemecah kode Inggris di perang dunia II khususnya mesin enigma yang saat itu telah membuat krisis logistik Inggris karena kapal-kapal pembawa logistik ke Inggris ditenggelamkan oleh kapal selam Nazi Jerman yang pesannya dikirimkan lewat mesin enigma, Alan Turing juga berkata bahwa mesin harus dikalahkan dengan mesin.

Baca Juga: Coffex Istanbul 2022, Paviliun Indonesia Sukses Hadirkan Ragam Kopi Indonesia

Setelah beberapa waktu pada tahun 1940 Alan Turing berhasil membuat sebuah mesin yang diberi nama Bombe dimana mesin ini mampu memecahkan kode enigma dalam hitungan jam yang sebelumnya berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Berkat mesin Bombe ini armada angkatan laut Inggris dapat mengetahui arah pergerakan kapal selam Jerman, setelah membantu Inggris pada perang dunia II Alan Turing melanjutkan riset dan mengembangkan ilmu komputer.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Singkat Kerajaan Islam Samudera Pasai

Jumat, 1 Juli 2022 | 13:31 WIB

Jejak Sejarah Gedung Lawang Sewu Semarang

Kamis, 31 Maret 2022 | 15:05 WIB

Sejarah Ritual Ngalak Air Dalam Pemindahan IKN

Senin, 14 Maret 2022 | 11:08 WIB
X