• Jumat, 19 Agustus 2022

Tradisi Berziarah Kubur Sebelum Bulan Ramadhan Tiba, Inilah Dalilnya?

- Kamis, 24 Maret 2022 | 10:30 WIB
Tradisi Berziarah Kubur Sebelum Bulan Ramadhan  (Dok.santrimbanjarnegara)
Tradisi Berziarah Kubur Sebelum Bulan Ramadhan (Dok.santrimbanjarnegara)

KETIKNEWS.ID,-- Tradisi berziarah kubur sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat Indonesia khususnya umat muslim. Umat muslim di Indonesia selalu mengunjungi kuburan mau itu kuburan orang tua, kuburan para wali ataupun lainnya dengan bertujuan untuk mendoakan yang telah meninggal. Sehingga hal ini sudah menjadi tradisi khususnya umat muslim di Indonesia. Biasanya umat muslim akan berziarah kubur ke makam kerabat, keluarga, maupun makam para wali sebelum bulan Ramadhan tiba.

Baca Juga: Gubernur Ridwan Kamil Ziarah ke Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh

Namun Bagaimanakah hukumnya menurut sariat Islam? Melalukan ziarah kubur pada waktu-waktu tertentu seperti menjelang bulan Ramadhan hukumnya adalah sunnah. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitabnya Fatawa Fiqhiyah al-Kubra (2/24) yang artinya.

Baca Juga: Presiden Pimpin Upacara Ziarah Nasional Hari Pahlawan Tahun 2021

"Beliau (Ibnu Hajar) ditanya tentang berziarah ke makam para wali pada waktu tertentu dengan melakukan perjalanan khusus ke makam mereka. Beliau menjawab, berziarah ke makam para wali adalah ibadah yang disunnahkan. Demikian pula perjalanan ke makam mereka.'

Tradisi Berziarah Kubur Sebelum Bulan Ramadhan (Dok.ayahfauzi)

Lebih lanjut, dalam haditsnya, Rasulullah saw juga menjelaskan bahwa seorang Muslim yang menziarahi makam keluarganya seperti bapak, ibu, paman, bibi, dan saudara-saudaranya yang lain, maka ia akan memperoleh pahala sebesar pahala orang haji mabrur dan kelak jika ia sudah meninggal akan diziarahi malaikat. Berikut haditsnya:

أنبأنا إسماعيل بن أحمد أنبأنا حمزة أنبأنا أبو أحمد بن عدى حدثنا أحمد بن حفص السعدى حدثنا إبراهيم بن موسى حدثنا خاقان السعدى حدثنا أبو مقاتل السمرقندى عن عبيد الله عن نافع عن ابن عمر قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم " من زار قبر أبيه أو أمه أو عمته أو خالته أو أحد من قراباته كانت له حجة مبرورة, ومن كان زائرا لهم حتى يموت زارت الملائكة قبره.

Artinya: Rasulullah Saw bersabda:

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Tanda Kupu-kupu Masuk Rumah Menurut Warnanya

Selasa, 16 Agustus 2022 | 17:21 WIB

6 Mitos di Tanah Sunda yang Memiliki Sebab Akibat

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:02 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB

3 Makna Mitos Kupu-kupu Masuk Rumah

Kamis, 11 Agustus 2022 | 15:18 WIB
X