• Senin, 8 Agustus 2022

Sambut Bulan Ramadhan dengan Tradisi Padusan Masyarakat Jawa

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 16:48 WIB
Tradisi ini berupa mandi di sumber mara air dengan tujuan dengan menyucikan diri.  (Dok.padusan)
Tradisi ini berupa mandi di sumber mara air dengan tujuan dengan menyucikan diri. (Dok.padusan)

KETIKNEWS.ID,-- Menjelang bulan Ramadan masyarakat khususnya akan mendatangi pemandian-pemandian, akan ramai didatangi oleh masyarakat untuk melakukan suatu tradisi sebelum menjelang bulan Ramadan.

Tradisi yang banyak dilakukan khususnya oleh kalangan masyarakat Indonesia khususnya Jawa menjelang bulan Ramadan yang sering disebut padusan, ini merupakan suatu bentuk kearifan lokal yang masih dilestarikan dan makin ramai khususnya di masyarakat Jawa.

Baca Juga: Tradisi Berziarah Kubur Sebelum Bulan Ramadhan Tiba, Inilah Dalilnya?

Tradisi ini berupa mandi di sumber mara air dengan tujuan dengan menyucikan diri. Padusan tidak hanya sekadar mandi biasa, filosofi dari tradisi padusan adalah untuk menyucikan diri serta untuk intropeksi apa kesalahan yang sudah dilakukan pada masa lampaunya.

Baca Juga: Sejarah Tradisi Begalan Dalam Masyarakat Banyumas Jawa TengahPadusan adalah bentuk dari media renungan ini yang membuat ritual padusan lebih dianjurkan dilakukan ditempat yang sepi bukan tempat ramai seperti halnya sekarang. Romo Tirun, salah seorang kerabat keraton menjelaskan, filosofi padusan adalah menbersihkan diri sehingga ketika kita kita melakukan harus benar-benar sesuai dengan ajaran agama. Berpakaian sopan dan tidak dilakukan dengan bercampur antara lawan jenis.

Tradisi ini berupa mandi di sumber mara air dengan tujuan dengan menyucikan diri. (Dok.padusan)

Padusan sudah ada sejak zaman Hamengkubuwono l. Sejak saat itulah filosofi padusan menguat dan terus berjalan hingga saat ini di masyarakat, maka dari itu tradisi padusan ini disebut tradisi warisan leluhur yang sudah dilakukan turun temurun. Dijelaskan bahwa dulu, padusan dilakukan dengan berendam atau mandi di sumur-sumur atau sumber mata air.

Asal mula kata padusan adalah adus yang berarti mandi. Padusan adalah tradisi masyarakat Jawa untuk menyucikan diri, membersihkan jiwa dan raga, dalam menyambut datangnya bulan Ramadan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Jenguk Buya Syafii di Sleman

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Tujuh Likur dan Pintu Gerbang Lingga

Rabu, 27 April 2022 | 13:35 WIB

Pekan Seni dan Budaya Korea Bersama LRT Jakarta

Rabu, 27 April 2022 | 10:09 WIB

‘NyakSeni Santri’, Program Lesbumi Jabar

Senin, 18 April 2022 | 16:01 WIB

Dana Indonesiana Untuk Berkarya dan Berbudaya `

Jumat, 8 April 2022 | 11:46 WIB
X