• Minggu, 14 Agustus 2022

Mengenal Sosok Buya Syafii Yang Dijenguk Presiden Jokowi

- Senin, 28 Maret 2022 | 10:38 WIB
 Ahmad Syafii Maarif (Dok. Buya Syafii)
Ahmad Syafii Maarif (Dok. Buya Syafii)

KETIKNEWS.ID,-- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjenguk mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif atau biasa disapa Buya Syafii di kediamannya di Kabupaten Sleman, pada Sabtu (26/03/2022). Tiba pukul 11.26 WIB, Presiden disambut oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Dikabarkan Ahmad Syafii Maarif jatuh sakit yang sebelumnya telah dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping. lantas siapakah Buya Syafii?

Baca Juga: Presiden Jokowi Jenguk Buya Syafii di Sleman

Buya Syafii adalah sapaan akrab Ahmad Syafii Maarif, istilah Buya sangat pantas disandingkan kepada Ahmad Syafii Maarif karena beliau merupakan ulama yang sangat alim, dikenal sebagai pendidik, sekaligus ilmuwan atau cendekiawan yang memiliki reputasi intelektual yang sangat tinggi. Kendati demikian, Ahmad Syafii Maarif lebih memilih untuk dipanggil cukup dengan nama saja tanpa perlu dipanggil dengan sebutan Buya, karena menurut beliau sebutan Buya masih dipermasalahkan. Sikap rendah hati dan ketawadhuan yang membuat orang lain kagum kepadanya.

Ahmad Syafii Maarif lebih memilih untuk dipanggil cukup dengan nama saja tanpa perlu dipanggil dengan sebutan Buya (Dok.setkab)

Ahmad Syafii Maarif lahir dari pasangan Ma’rifah Rauf dan Fathiyah pada hari Sabtu, 31 Mei 1935 di Sumpur Kudus, Sumatera Barat. Sewaktu berusia satu setengah tahun, sang ibunda meninggal dunia hingga kemudian ia dititipkan oleh sang ayah kepada bibinya yang bernama Bainah, yang tempat tinggalnya sekitar 500 meter dari tempat kelahirannya. Ia dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang sederhana diperkampungan. Meskipun tinggal diperkampungan tidak menyurutkan tekadnya untuk menggapai bangku pendidikan setinggi mungkin.

Baca Juga: Jejak Dua Ulama Madura ini memiliki Karomah 'Syaikhona Kholil dan Syaikhona Yahya'

Pendidikan dasar Ahmad Syafii Maarif diperoleh di Sekolah Rakyat (SR) Sumpur Kudus dalam waktu singkat yang hanya lima tahun. Selanjutnya Ahmad Syafii Maarif melanjutkan sekolahnya di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sumpur Kudus hingga selesai pada tahun 1947. Setelah lulus Madrasah Ibtidaiyah, Ahmad Syafii Maarif melanjutkan studinya di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah di Balai Tengah, Lintau dan selesai pada tahun 1953. Lulus dari sana, Ahmad Syafii Maarif memutuskan untuk hijrah ke Yogyakarta untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang SMA dan Madrasah Mu’allimin Yogyakarta.

Baca Juga: Mengenal Syekh Subakir Ulama Persia Penyebar Agama Islam di Tanah jawa

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anthoni Salim Bos Indofood Bisnisnya Merajai Dunia

Kamis, 17 Maret 2022 | 15:32 WIB
X