• Jumat, 19 Agustus 2022

"Pitching Forum Akatara 2022” Menparekraf Buka Pertemukan Sineas Film dan Potensial Investor

- Selasa, 29 Maret 2022 | 16:20 WIB
"Pitching Forum Akatara 2022” (Dok.sineasfilm)
"Pitching Forum Akatara 2022” (Dok.sineasfilm)


KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membuka “Pitching Forum Akatara 2022”. Forum berskala nasional yang diinisiasi Kemenparekraf ini bertujuan membuka ruang akses pembiayaan dalam ekosistem perfilman Indonesia.

Kehadiran Pitching Forum Akatara 2022 sebagai the biggest Indonesian film market dan business forum juga untuk mengembangkan ekosistem industri film Indonesia dengan fokus menumbuh-kembangkan unsur entrepreneurship atau filmpreneur, sehingga diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas.

Baca Juga: Bangkitkan Film dan Animasi Indonesia, Kemenparekraf Ajak Masyarakat Dukung Sineas Daerah

“Akatara ini sangat saya appreciate, karena memberikan kesempatan untuk masyarakat memilah dan memilih film-film yang sudah masuk ke dalam the biggest Indonesian film matchmaking forum. Jadi ini tentunya akan membangun suatu ekosistem film yang lebih unggul,” kata Menparekraf, dalam sambutannya di acara Pitching Forum Akatara 2022, di Westin Hotel, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Menparekraf Buka Pertemukan Sineas Film dan Potensial Investor (Dok.kemenparekraf)

Kemenparekraf sendiri memfasilitasi 50 project film terpilih yang terdiri dari film fiksi pendek, animasi, fiksi panjang, serial, dan dokumenter untuk mempresentasikan hasil karyanya di depan para investor, yang berlangsung secara hybrid, di Westin Hotel, Jakarta, mulai 29 hingga 30 Maret 2022.

Baca Juga: 'Family Sunday Movie' Menparekraf Pilih Dua Peserta Terbaik Sineas Film Pendek Karya Anak Bangsa

“Ada 50 project di sini so choose filmmaker yang ada di sini, mudah-mudahan mereka make it, dan akan terbuka peluang pembiayaan. Karena Akatara ini pondasi, akses pembiayaan, dan jalur alternatif berkembangnya perfilman Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Presiden Bangga Sineas Indonesia Menangi Festival Film Dunia

Berdasarkan data Focus Economic Outlook 2020, ekonomi kreatif menyumbang lebih dari Rp1.100 triliun terhadap PDB Indonesia di tahun 2020. Hal ini yang menjadikan Indonesia berada pada peringkat ke tiga, setelah Amerika dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-pop dan K-drama.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Sains Tentang Dark Jokes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:48 WIB
X