• Jumat, 19 Agustus 2022

Indonesian Women Artists #3 Infusions Into Contemporary Art Tampilkan Karya Seniman Senior

- Kamis, 31 Maret 2022 | 14:35 WIB
Indonesian Women Artists #3 (Dok.kemendikbud)
Indonesian Women Artists #3 (Dok.kemendikbud)


KETIKNEWS.ID,-- Yayasan Cemara 6 bekerja sama dengan Kemendikbudristek dan Galeri Nasional Indonesia, menggelar Pameran Indonesian Women Artists #3: Infusions Into Contemporary Art. Gelaran tahun ini mengangkat isu tentang usia dan kreativitas yang menonjolkan para seniman senior. Seperti dua pameran sebelumnya, Pameran Indonesian Women Artists #3 kali ini juga diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia, pada 30 Maret-24 April 2022 di Gedung A dan B Galeri Nasional Indonesia.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto mengatakan, Pameran Indonesian Women Artists #3 bukan hanya sekadar menguatkan narasi kehebatan sosok perempuan, dalam hal ini khususnya di bidang seni rupa, melainkan juga menegaskan kehebatan sosok para perupa Indonesia yang tak kalah di dunia internasional.

Baca Juga: Bertemakan Perempuan Festival Film Indonesia 2022 di Gelar, Sejumlah Aktris Didapuk Jadi Duta FFI 2022

“Jika generasi muda memiliki impian untuk menjadi perupa hebat, maka sepuluh perempuan perupa peserta pameran ini layak untuk menjadi idola,” tegas Pustanto di Jakarta, pada Rabu (29/3). Ia berharap, pameran ini dapat menjadi sumber inspirasi, menyemangati, dan memberikan manfaat baik bagi banyak pihak, termasuk publik yang mengapresiasi.

Infusions Into Contemporary Art Tampilkan Karya Seniman Senior (Dok.kemendikbud)


Pameran Indonesian Women Artists #3: Infusions Into Contemporary Art dibuka secara resmi oleh Kepala Galeri Nasional Indonesia. Sebelum berkunjung, sesuai dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, pengunjung diwajibkan melakukan registrasi secara daring melalui laman galnas-id.com paling lambat enam jam sebelum jadwal kunjungan. Pada laman tersebut, pengunjung juga dapat melihat jadwal, jam sesi, serta kuota kunjungan yang tersedia. Pameran berlangsung pukul 10.00-19.00 WIB setiap hari (tutup pada hari libur nasional), dengan dibagi menjadi beberapa sesi kunjungan.

Baca Juga: Kenalkan Nilai Historis, Perkumpulan Filateli Indonesia Gelar Pameran Perangko dan Kartu Pos

Pameran kali ini menampilkan 32 karya yang terdiri dari seni lukis, seni patung, instalasi, new media, hingga performance. Peserta pameran ini adalah Arahmaiani (1961), Bibiana Lee (1956), Dolorosa Sinaga (1952), Dyan Anggraini (1957), Indah Arsyad (1965), Melati Suryodarmo (1969), Mella Jaarsma (1960), Nunung W. S. (1948), Sri Astari Rasjid (1953), dan Titarubi (1968). Mereka adalah sepuluh perempuan perupa profesional yang berusia di atas 50 tahun.

Baca Juga: Pameran Foto “I am the Forrest”, kepedulian pelestarian Hutan dan Lingkungan, Denmark

Pameran ini juga dilengkapi dengan pemutaran film dokumenter tentang sepuluh perempuan perupa peserta pameran ini, yang didukung oleh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Ditjen Kebudayaan, yang ditayangkan perdana pada Selasa, 22 Maret 2022, pukul 14.00 WIB di Metro Cinema di Roosseno Plaza, serta akan ditayangkan di situs resmi Indonesiana.TV dan kanal YouTube Budaya Saya.

Tentang Pameran Indonesian Women Artists

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemendikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Sains Tentang Dark Jokes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:48 WIB
X