• Jumat, 19 Agustus 2022

Menparekraf Dorong Sineas Surabaya Perkuat Kreativitas dan Inovasi dalam Berkarya

- Senin, 4 April 2022 | 12:48 WIB
Sineas Surabaya Perkuat Kreativitas dan Inovasi dalam Berkarya (Dok.kemenparekraf)
Sineas Surabaya Perkuat Kreativitas dan Inovasi dalam Berkarya (Dok.kemenparekraf)

KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Surabaya, khususnya di subsektor film aktif berkarya dengan penuh kreativitas dan inovasi. Salah satunya dengan memilih destinasi wisata sebagai lokasi syuting sehingga dapat menjadi sarana promosi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemerintah dalam hal ini Kemenparekraf/Baparekraf akan memfasilitasi dengan memberikan pendampingan maupun hal-hal lain yang diperlukan pelaku ekraf dalam mendukung ekosistem perfilman tanah air.

Baca Juga: Pitching Forum Akatara 2022” Menparekraf Buka Pertemukan Sineas Film dan Potensial Investor

Menparekraf Sandiaga saat berkunjung ke lokasi pembuatan film "Rentjana" di G Walk Citraland, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/4/2022) menjelaskan, para sineas muda diharapkan aktif untuk menciptakan ide-ide hingga karya film yang inovatif untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja.

Kemenparekraf (Dok.kemenparekraf)

“Hari ini kita melihat langsung syuting film berkonsep jadul yaitu 'Rentjana' dalam program Family Sunday Movie (FSM) yang merupakan kegiatan untuk membangkitkan ekonomi. Tadi ada 25-30 lapangan kerja tercipta dan ini menggabungkan beberapa sektor di bawah ekonomi kreatif bukan saja film tapi ada musik, kuliner, dan beberapa produk ekonomi kreatif lainnya yang ditonjolkan seperti fesyen dan kriya,” kata Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga: Bangkitkan Film dan Animasi Indonesia, Kemenparekraf Ajak Masyarakat Dukung Sineas Daerah

FSM merupakan program Kemenparekraf yang ditujukan bagi sineas untuk menyalurkan ide dan gagasan kreatif dalam bentuk produk digital yaitu film pendek.

"Kenapa perfilman? karena perfilman ini membuka peluang kreativitas anak-anak muda dan membuka lapangan kerja yang luas. Dalam satu film ini saja sudah membuka lapangan kerja bagi 25 orang, baik itu kru film, pemeran film, dan pegawai di Rentjana," ujarnya.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Sains Tentang Dark Jokes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:48 WIB
X