• Jumat, 7 Oktober 2022

Dorong Komunitas Maksimalkan Rumah Kreatif Melati Babel Sebagai Etalase Produk Kreatif

- Kamis, 21 April 2022 | 13:02 WIB
Dorong Komunitas Maksimalkan Rumah Kreatif Melati Babel Sebagai Etalase Produk Kreatif (Dok.kemenparekraf)
Dorong Komunitas Maksimalkan Rumah Kreatif Melati Babel Sebagai Etalase Produk Kreatif (Dok.kemenparekraf)


KETIKNEWS.ID,-- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong peran aktif pelaku ekonomi kreatif khususnya komunitas untuk memaksimalkan kehadiran galeri seni dan ruang kreatif "Rumah Melati Bangka Belitung" sebagai ruang berkreasi dan etalase produk ekonomi kreatif.

Sandiaga Uno dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Bangka Belitung menghadiri peresmian galeri seni dan ruang kreatif "Rumah Melati Bangka Belitung" di Pangkalpinang, Rabu (20/4/2022). Menparekraf meninjau setiap sudut Rumah Kreatif Melati dan melihat fashion show yang menghadirkan kreasi kriya kain cual dan batik khas Bangka Belitung.

Baca Juga: Aksi komunitas Gayam 16 Dalam Memperkenalkan Gamelan di Prancis

Menparekraf mengapresiasi kehadiran Ruang Melati yang diinisiasi Ketua Dekranasda Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi.

Di tempat ini berbagai kriya dan kerajinan dari para pengrajin dan pelaku usaha kreatif yang ada di Bangka Belitung ditampilkan yang sebelumnya telah melalui proses kurasi.

Baca Juga: Festival Cimanuk 22, Komunitas FAJI Perkenalkan Arung Jeram Ke Masyarakat Garut

Tak hanya itu, tempat ini nantinya juga berfungsi sebagai ruang ekspresi ekonomi kreatif lainnya seperti multimedia dan digital, pertunjukan seni dan workshop seni lukis, seni pahat/patung, fotografi, sinematografi, musik, konten kreator hingga food bazaar.

Dorong Komunitas Maksimalkan Rumah Kreatif Melati Babel Sebagai Etalase Produk Kreatif (Dok.kemenparekraf)

"Saya tentunya sangat mengapresiasi kehadiran Ruang Melati sebagai creative hub di Bangka Belitung di saat kita bertransisi dari ekonomi ekstraktif menuju ekonomi kreatif. Belajar dari creative hub yang sudah kami pelopori, kunci pengembangannya bukan inisiatornya, tapi dukungan dari komunitas," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Karena itu ia mendorong peran aktif dari komunitas kreatif Bangka Belitung termasuk pelaku UMKM untuk menghidupkan Ruang Kreatif Melati dengan membuat berbagai kegiatan. Baik dari kegiatan mingguan, bulanan, juga kegiatan internasional.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Fakta Sains Tentang Dark Jokes

Kamis, 13 Januari 2022 | 13:48 WIB
X