• Sabtu, 25 Juni 2022

“Pajang Karya KamiSketsa GalNas” Digelar Kembali

- Jumat, 22 April 2022 | 11:14 WIB
“Pajang Karya KamiSketsa GalNas” Digelar Kembali (Dok. kemdikbud.ri)
“Pajang Karya KamiSketsa GalNas” Digelar Kembali (Dok. kemdikbud.ri)


KETIKNEWS.ID,-- Galeri Nasional Indonesia (GNI) kembali menyelenggarakan kegiatan Pajang Karya KamiSketsa GalNas yang bertajuk "Gestur dan Ruang" pada 21 April–26 Mei 2022, di Bilik KamiSketsa Galnas. Kegiatan ini menampilkan 15 karya pilihan dua penggiat sketsa sekaligus anggota KamiSketsa Galnas yakni Kedsu (Usdeki) dan Cak Likin (Moch. Solihin). Karya-karya tersebut dikerjakan selama tahun 2022 dan dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara.

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Pajang Karya KamiSketsa GalNas putaran pertama yang mendapatkan respons positif, baik dari para penggiat sketsa maupun masyarakat umum,” kata Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto.

Baca Juga: Pameran Batik Menamai Tuai Pujian dan Sambutan Hangat dari Masyarakat Napier

Dalam tulisan kuratorial Zamrud dan Teguh, "Gestur dan Ruang" mempertemukan tarikan garis Kedsu yang lugas dan sederhana bersanding dengan sajian pembacaan ruang dan gerak bebas Cak Likin yang sarat dengan keberanian menyapu bidang dan kontras gelap terang pada lembar karyanya.

Zamrud mengungkapkan bahwa ketertarikan Kedsu terhadap figur manusia sebagai objek dan kepiawaiannya menangkap momen menjadi titik tolak yang sangat kuat untuk merekam dan mentransfer objek ke dalam bidang sketsa. “Kecenderungan dan ketertarikan terhadap gedung atau bangunan dilengkapi gerak dan aktivitas manusia ditampilkan Cak Likin secara lepas pada karya-karyanya,” ucap Zamrud di Jakarta, Kamis (21/4).

Baca Juga: Pameran Foto “I am the Forrest”, kepedulian pelestarian Hutan dan Lingkungan, Denmark

Pajang Karya KamiSketsa Galnas "Gestur dan Ruang" selain memamerkan karya-karya sketsa Kedsu dan Cak Likin, juga mengelar lokakarya (workshop) “Merekam Gestur” pada 19 Mei 2022 mendatang, pukul 10.00 WIB. Untuk mengikuti lokakarya ini, para peserta dapat melakukan registrasi terlebih dulu melalui tautan https://linktr.ee/galnas.

Tentang KamiSketsa GalNas

“Pajang Karya KamiSketsa GalNas” Digelar Kembali (Dok. kemdikbud.ri)

KamiSketsa GalNas merupakan sebuah program bimbingan edukasi yang dikemas dalam bentuk lokakarya. Kegiatan ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia sejak 12 Oktober 2017 bertepatan dengan Hari Nasional Museum Indonesia. Sebelum pandemi Covid-19, lokakarya KamiSketsa GalNas dilaksanakan setiap hari Kamis mulai pukul 09.00–15.00 WIB di Galeri Nasional Indonesia. Namun, selama pandemi Covid-19, kegiatan KamiSketsa GalNas dilaksanakan secara daring.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: kemendikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Tujuh Likur dan Pintu Gerbang Lingga

Rabu, 27 April 2022 | 13:35 WIB

Pekan Seni dan Budaya Korea Bersama LRT Jakarta

Rabu, 27 April 2022 | 10:09 WIB

‘NyakSeni Santri’, Program Lesbumi Jabar

Senin, 18 April 2022 | 16:01 WIB

Dana Indonesiana Untuk Berkarya dan Berbudaya `

Jumat, 8 April 2022 | 11:46 WIB

Menko PMK Dukung Reog Ponorogo Diusulkan ke UNESCO

Selasa, 5 April 2022 | 09:17 WIB
X