• Minggu, 3 Juli 2022

Lewat Film, Wabup Garut Berharap Bisa Bantu Promosikan Garut

- Selasa, 26 April 2022 | 11:31 WIB
Ilustrasi, Potensi wisata garaut (Dok.indonesiageh)
Ilustrasi, Potensi wisata garaut (Dok.indonesiageh)

KETIKNEWS.ID,-- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI), bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut dan Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, menggelar acara Bincang Kreatif dengan tema "Membuat Film dengan Nilai Sosial Budaya Daerah" yang dilaksanakan di Ballroom Favehotel, Kabupaten Garut, Minggu (24/4/2022).

Diskusi ini menghadirkan produser film ternama, Ody Mulya Hidayat. Ia juga Ody menghasilkan karya yang fenomenal lewat filmnya Dilan.

Wakil Bupati (Wabup) Helmi Budiman, yang hadir bersama 90 peserta dari kalangan komunitas film, mengapresiasi acara ini, terlebih, film dan animasi ini merupakan salah satu upaya penyadaran kepada masyarakat dalam upaya membangun dan mempertahankan nilai sosial budaya (sosbud) suatu daerah.

Baca Juga: Tayang di Bioskop 16 Juni, Berikut Sinopsis Film Naga Naga Naga

Ia berharap melalui film bisa turut mempromosikan nilai sosbud Kabupaten Garut sebagai destinasi wisata di Jawa Barat.

"Dengan upaya ini, setidaknya turut mempromosikan sosial budaya Kabupaten Garut sebagai destinasi wisata terbaik di Jawa Barat," kata Helmi di hadapan Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah dan Direktur Musik, Film dan Animasi Kemenparekraf Mohammad Amin.

Mohammad Amin sendiri, mengungkapkan, pembuatan film yang berisi nilai sosbud suatu daerah itu akan memberikan dampak tersendiri bagi daerah tersebut, yaitu dua di antaranya daerah menjadi terkenal dan mengetahui perspektif dari daerah itu sendiri.

Baca Juga: Muhibah Budaya Jalur Rempah, Susuri 6 Titik Pelayaran Bersama KRI Dewaruci

"Pertama daerah itu sendiri menjadi lebih terkenal, jadi film sebagai sarana untuk sosialisasi atau promosi daerah, yang kedua angle (atau) perspektif dari daerah itu sendiri seperti apa, jadi perspektif daerah itu bisa muncul gitu," ucapnya.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Pemprov Jabar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tradisi Tujuh Likur dan Pintu Gerbang Lingga

Rabu, 27 April 2022 | 13:35 WIB

Pekan Seni dan Budaya Korea Bersama LRT Jakarta

Rabu, 27 April 2022 | 10:09 WIB

‘NyakSeni Santri’, Program Lesbumi Jabar

Senin, 18 April 2022 | 16:01 WIB

Dana Indonesiana Untuk Berkarya dan Berbudaya `

Jumat, 8 April 2022 | 11:46 WIB

Menko PMK Dukung Reog Ponorogo Diusulkan ke UNESCO

Selasa, 5 April 2022 | 09:17 WIB
X