• Jumat, 19 Agustus 2022

Sejarah Berdirinya Kerajaan Gapi, Salah Satu Kerajaan Islam di Ternate

- Jumat, 8 Juli 2022 | 13:27 WIB
Iustrasi - Kerajaan atau Kesultanan Gapi, kerajaan Islam di Ternate, Kepulauan Mukuku. (IST)
Iustrasi - Kerajaan atau Kesultanan Gapi, kerajaan Islam di Ternate, Kepulauan Mukuku. (IST)

KETIKNEWS.ID,-- Kerajaan Ternate atau dikenal Kerajaan Gapi, didirikan tahun 1257. Kerjaan Ternate yang merupakan satu dari empat kerajaan Islam di Kepulauan Maluku ini didirikan oleh Baab Masyhur Mulamo, Baab Masyhur Mulamo berkuasa pada tahun 1257-1272M.

Kerajaan Ternate yang merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Nusantara, mencapai masa kejayaannya pada awal abad ke-16 berkat perdagangan rempah-rempah nya yang terkenal sampai Eropa.

Baca Juga: Meski Ada Kasus Pelecehan di Pesantren, DPRD Jatim: Tak Perlu Takut Memondokkan Anak

Awal Mula

Pada permulaan abad ke-13 pulau Ternate sudah dikunjungi oleh para pelancong dan pedagang. Dahulunya Penduduk Ternate merupakan warga eksodus dari Halmahera.

Terdapat 4 kampung yang dipimpin oleh seorang momole (kepala marga) disetiap kampungnya. Para Momole sendirilah yang sering mengadakan hubungan dengan para pendatang dari segala penjuru dengan tujuan mencari rempah–rempah.

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Ditembak

Dengan bermukimnya pedagang Jawa, Arab, Tionghoa dan Melayu, membuat penduduk Ternate cukup bervariasi. Dikarenakan perdagangan yang semakin ramai dan ditambah bahaya para perompak yang sering mengancam, maka diadakan musyawarah oleh para Momole untuk membentuk suatu organisasi yang lebih kuat dan bisa membendung para perompak.

Maka dipilihlah dari beberapa Momole itu seorang pemimpin tunggal sebagai raja.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Histori.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Singkat Kerajaan Islam Samudera Pasai

Jumat, 1 Juli 2022 | 13:31 WIB
X