• Kamis, 29 September 2022

Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia Lewat Tradisi Tarakatan

- Senin, 8 Agustus 2022 | 12:34 WIB
Ilustrasi - Tumpengan untuk tradisi tarakatan HUT Kemerdekaan Indonesia. (Endeustv)
Ilustrasi - Tumpengan untuk tradisi tarakatan HUT Kemerdekaan Indonesia. (Endeustv)

KETIKNEWS.ID,-- Tradisi tidak lepas dari kultur budaya sebagai karakter jati diri masyarakat. Salah satu hal yang melekat pada masyarakat Indonesia adalah tradisi di hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Desa Tiremenggal Gresik, mempunyai tradisi tahunan yang dilaksanankan pada hari kemerdekaan 17 Agustus, tradisi itu merupakan tradisi Tirakatan.

Tirakatan adalah pencarian nilai-nilai kebenaran, kenegarawan, spirit perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu hingga terwujudnya kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Keren! Program Buruan Sae Kota Bandung Akan di Sebarluaskan di Kancah Internasional

Kegiatan ini di laksanakannya setahun sekali oleh masyarakat setempat, para warga melaksanakan tradisi Tirakat penuh dengan penuh semangat.

Karena itulah malam tirakatan sudah menjadi tradisi tersendiri di desa Tiremenggal Gersik sebagai bentuk syukur pada Allah atas anugerah terbesar berupa kemerdekaan.

Adapun beberapa acara yang biasa ada pada malam tirakatan yakni diawali dengan pembacaan ayat suci Al qur'an, pembacaan shalawat, lalu pembacaan do'a yang dikhususkan pada para pahlawan, para alim ulama' dan diakhiri dengan memotong tumpeng dan makan bersama.

Baca Juga: Elon Musk Ajak CEO Twitter Debat Terbuka Soal Akun Bot

Selain itu, saat tradisi Tirakat ditutup, biasanya juga dilanjut dengan tradisi "melek'an" oleh para pemuda dan para sesepuh dengan berdiskusi dengan diiringi lagu-lagu kebangsaan. Hal ini dengan tujuan menanamkan cinta pada tanah air dan bangsa.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB
X