• Sabtu, 1 Oktober 2022

Latar Belakang dan Makna Totopong atau Iket Penutup Kepala Khas Sunda

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 14:55 WIB
Ilustrasi Iket atau Totopong (Instagram / @wisatabaduy)
Ilustrasi Iket atau Totopong (Instagram / @wisatabaduy)

KETIKNEWS.ID,-- Totopong atau iket merupakan penutup kepala khas dari Sunda yang terbuat dari kain dan dipakai dengan teknik tertentu, seperti dilipat, dilipit, dan disimpulkan sebagai pengikat akhir.

Iket sendiri berasal dari bahasa sunda yang berarti ikat atau ikatan. Bentuknya yang beragam diciptakan sebagai simbol yang berkaitan dengan keagamaan, upacara adat, dan status sosial tokoh-tokoh masyarakat yang dianggap mempunyai peranan dalam suatu kelembagaan.

Iket sebagai tutup kepala juga memiliki nilai yang lebih berharga dibandingkan dengan tutup kepala yang lain, karena dalam proses pembentukannya diperlukan kejelian, keterampilan, ketekunan, kesabaran, dan rasa estetika yang tinggi dari pemakainya. Hal ini akan membuktikan bahwa iket dapat mencerminkan status simbol pemakainya.

Baca Juga: Fakta Bambu Runcing, Senjata Tradisional Para Pejuang Kemerdekaan

Zaman dahulu, iket berfungsi mencerminkan kelas dalam masyarakat. Namun untuk sekarang, Iket dipakai oleh pria dari berbagai kalangan, mulai warga masyarakat umum, pegawai pemerintah, hingga ulama atau tokoh masyarakat; mulai dari anak usia sekolah sampai orang tua dan para bangsawan.

Totopong atau iket merupakan kearifan lokal kerajaan sunda wiwitan (sunda buhun) dan menjadi warisan kebudayaan urang Sunda.

Iket sejak dahulu biasa dipakai oleh sesepuh adat sebuah wilayah atau di wilayah kanekes (baduy dalam) yang masih menganut sunda wiwitan.

Baca Juga: Peringati Hari Kemerdekaan Indonesia Lewat Tradisi Tarakatan

Namun, di zaman sekarang karena dampak modernisasi iket sering kali dijadikan pelengkap busana pria dan dipakai oleh masyarakat umum.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: infobudaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB
X