• Kamis, 1 Desember 2022

Pemerintah Desa Mekarjaya Bogor Dorong Kesenian Angklung Gubrak Jadi Warisan Budaya Dunia

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:24 WIB
Budaya dan kesenian Angklung Gubrak di Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. (Humas Jabar)
Budaya dan kesenian Angklung Gubrak di Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor. (Humas Jabar)

KETIKNEWS.ID,-- Kepala Desa Mekarjaya Ismail Abraham menegaskan akan terus memperkenalkan budaya Angklung Gubrak kepada seluruh masyarakat luas.

Hal ini merupakan sebagai upaya untuk mendorong budaya Angklung Gubrak agar bisa menjadi mata budaya Indonesia bahkan warisan budaya dunia.

Salah satunya dengan memadukan antara budaya Angklung Gubrak dengan wisata alam kopi Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor, sehingga budaya Angklung Gubrak dapat lebih dikenal oleh wisatawan dan masyarakat luas.

Baca Juga: Mengenal Angklung Gubrak, Warisan Kuno untuk Menghormati Dewi Padi

“Cara yang kami lakukan yaitu dengan mengkombinasikan antara paket wisata kopi dengan budaya Angklung Gubrak. Jadi wisatawan tidak hanya dapat menikmati kehangatan kopi Mekarjaya yang menggoda selera, juga bisa menikmati alunan musik Angklung Gubrak khas Sunda dan tariannya,” ujarnya, Senin 21 Agustus 2022 lalu.

“Dengan ini kami berharap Angklung Gubrak ini bisa meningkat statusnya jadi mata budaya Indonesia dan jadi warisan budaya dunia. Besar harapan kami bisa dikukuhkan langsung oleh badan PBB, UNESCO,” imbuhnya.

Menurut Ismail, Angklung Gubrak merupakan salah satu warisan budaya yang tumbuh dan berkembang di Cigudeg Kabupaten Bogor, bahkan jadi warisan budaya tertua di wilayah Desa Mekarjaya, karena sebelum adanya Belanda, Angklung Gubrag sudah ada dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Angklung Buhun dan DogDog Lojor Alat Musik Sakral bagi Masyarakat Banten

Untuk itu dirinya meminta agar masyarakat Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg berperan aktif dalam melestarikan seni dan budaya sunda salah satunya Angklung Gubrak.

Melalui berbagai kegiatan, imbuhnya, kegiatan seni budaya, kepariwisataan dan kegiatan lainnya diharapkan Angklung Gubrak dapat dikenal oleh masyarakat luas baik nasional bahkan internasional.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Humas Jabar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB
X