• Kamis, 1 Desember 2022

Selain Wiwitan dan Kejawen, Ini 7 Kepercayaan Leluhur Lokal di Indonesia

- Selasa, 13 September 2022 | 11:46 WIB
Selain enam agama resmi, ada kepercayaan lain yang dianut oleh masyarakat Indonesia. (Doc : Pinterest)
Selain enam agama resmi, ada kepercayaan lain yang dianut oleh masyarakat Indonesia. (Doc : Pinterest)

KETIKNEWS.ID,-- Selain enam agama resmi (Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Buddha, Hindu, dan Konghucu) yang sudah diakui, tetapi sebetulnya adal 187 kepercayaan lain di Indonesia.

187 kepercayaan tersebut sudah lama ada di Indonesia, bahkan jauh sebelum keenam agama resmi tersebut masuk dan menyebar dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu yang sering terdengar adalah Wiwitan">Sunda Wiwitan dan Kejawen. Namun masih banyak kepercayaan lain yang masih eksis di Indonesia.

Berikut ini kepercayaan leluhur lokal yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Sosok Pangeran Madrais, Sejarah Lahirnya Ajaran Sunda Wiwitan

1. Wiwitan">Sunda Wiwitan (Banten)

Wiwitan">Sunda Wiwitan merupakan kepercayaan dianut oleh masyarakat suku Sunda. Kepercayaan ini telah ada sebelum datang ajaran Hindu, Budha, dan Islam. Pengikut Wiwitan">Sunda Wiwitan dapat ditemukan di Kanekes, Lebak Banten; Ciptagelar Kasepuhan Banten Kidul; Kasepuhan Ciptagelar Cisolok Sukabumi; Kampung Naga Cirebon; dan Cigugur Kuningan; Desa Adat Cireundeu, Leuwigajah, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bogor.

Penganut Wiwitan">Sunda Wiwitan meyakini kekuasaan tertinggi ada pada Sang Hyang Kersa (Yang Maha Kuasa) atau Nu Ngersakeun (Yang Maha Berkehendak). Ajaran ini terkandung dalam Kitab Sanghyang Siksakanda Ng Karesian. Kitab tersebut berisi ajaran keagamaan, tuntunan moral, aturan, dan budi pekerti.

2. Buhun (Jawa Barat)

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB
X