Kisah Syekh Abdul Muhyi Melarang Merokok di Sekitar Pemakamannya di Pamijahan

- Kamis, 15 September 2022 | 07:45 WIB
Area larangan merokok di kawasan Pamijahan. (AyoBandung / Irpan Wahab Muslim)
Area larangan merokok di kawasan Pamijahan. (AyoBandung / Irpan Wahab Muslim)

KETIKNEWS.ID,-- Makam Karomah Syekh Abdul Muhyi yang terletak di Desa Pamijahan Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat memiliki aturan melarang merokok di area sekitar makam bagi para peziarah.

Adat larangan merokok di sekitar area makam tersebut, ternyata sudah diberlakukan sejak ratusan tahun lalu. Malahan semenjak Syekh Abdul Muhyi datang ke daerah tersebut pada sekitar 1450 M.

Aturan tersebut hingga sekarang masih tetap dipatuhi oleh seluruh peziarah yang datang untuk berziarah ke makam Pamijahan.

Baca Juga: Asal-usul Kesenian Reog Ponorogo yang Diajukan Ke UNESCO Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Meski begitu, tidak sedikit peziarah yang mempertanyakan kenapa ada aturan larangan merokok di sekitar area makam.

Menurut cerita rakyat secara turun-temurun, ada dua versi yang berkembang terkait asal-usul aturan larangan merokok di area sekitar makam Pamijahan.

Dulu ada dua tokoh Waliyullah, Syekh Maulana Mansyur dan Syekh Abdul Muhyi yang menjadi tokoh kenapa merokok menjadi dilarang di Pamijahan.

Versi pertama, kedua tokoh tersebut dikisahkan setelah melaksanakan ibadah haji dari Makkah, dalam perjalanan pulang, Syekh Abdul Muhyi yang menuju kampung halamannya melalui perut bumi, sedangkan Syekh Mansyur lewat bantuan angin (jalur laut).

Baca Juga: Fakta dan Asal usul Nama Gedung Sate yang Menjadi Kantor Pemerintahan Jawa Barat

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X