• Kamis, 29 September 2022

Tiga Amalan Rebo Wekasan sebagai Tradisi Tolak Bala di Indonesia

- Kamis, 15 September 2022 | 11:41 WIB
Sholat Awwabin, doa bersama, serta selametana atau sedekah menjadi tiga amalan umum dalam tradisi Rebo Wekasan menolak bala dan bahaya. ( pixabay.com/Mohamed Hassan)
Sholat Awwabin, doa bersama, serta selametana atau sedekah menjadi tiga amalan umum dalam tradisi Rebo Wekasan menolak bala dan bahaya. ( pixabay.com/Mohamed Hassan)

KETIKNEWS.ID,-- Dalam buku berjudul Pendidikan Islam Risalah Ahlussunnah Wal Jama’ah karangan Subaidi, Rebo Wekasan merupakan tradisi dan ritual tahunan yang membudaya di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Tradisi Rebo Wekasan merupakan ritual yang dilaksanakan untuk memohon pada Allah agar diajuhkan dari segala bencana dan mara bahaya.

Pada hari Rabu terakhir di bulan Safar, dipercaya sebanyak 320.00 macam bala atau bencana, baik besar maupun kecil akan datang pada hari tersebut.

Selain itu Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam jatuh sakit sejak Rabu akhir bulan Safar. Maka dari itu para ulama menyarankan untuk melaksanakan amalan-amalan baik agar terhindar dari bencana pada hari tersebut.

Baca Juga: Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, dan Tradisi

Menurut perhitungan kalender Masehi, tahun ini Rebo Wekasan bertepatan pada tanggal 21 September 2022. Di Indonesia, Rebo Wekasan memiliki berbagai pemaknaan, istilah, dan tata cara pelaksanaan yang berbeda-beda.

Namun secara umum, kegiatan yang dilakukan dalam tradisi Rebo Wekasan berupa tahlilan atau zikir berjemaah, salat sunah untuk tolak bala, dan selametan yang menyajikan berbagi makanan sebagai bentu rasa syukur.

1. Sholat Awwabin

Sholat Awwabin adalah sholat yang bertujuan untuk menolak segala bala ataupun bencana. Adapun cara melaksanakan sholat awwabin yaitu.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB
X