Sejarah Singkat Tasikmalaya yang Tidak Diketahui Generasi Milenial Saat Ini

- Senin, 10 Oktober 2022 | 19:25 WIB
Pendopo & Rumah Bupati Tahun 1925 (Dok Foto : cepi-wungkul.blogspot.com)
Pendopo & Rumah Bupati Tahun 1925 (Dok Foto : cepi-wungkul.blogspot.com)

KETIKNEWS.ID,- Kota Tasikmalaya dulu bernama Sukapura, yang didirikan oleh Sultan Agung dari Kerajaan Mataram. Mengenai asal-usul nama kota ini, ada dua versi.

Pertama, nama “Tasikmalaya” diambil dari dua kata “Keusik” dan “Ngalayah” yang dalam bahasa Sunda kata keusik berarti pasir dan kata ngalayah berarti bertebaran.

Seperti diketahui bahwa akibat dari letusan Gunung Galunggung yang sangat dahsyat pada 1822 berpengaruh besar terhadap Kabupaten Sukapura pada waktu itu.

Gunung Galunggung meletus di kabupaten Tasikmalaya 1982. (Dok Foto : gudanggambarhdku.blogspot.com)
Gunung Galunggung yang meletus kembali pada 5 April 1982, yang bukan hanya menimbulkan korban jiwa, tapi juga menyebarkan abu sampai ke Jakarta, selama hampir sepekan.

Dengan banyaknya pasir menyelimuti Kabupaten Sukapura maka daerah ini pun berubah nama menjadi “Keusik Ngalayah” dan kemudian menjadi daerah yang kita kenal sekarang, yaitu kota Tasikmalaya.

Kedua, kota Tasikmalaya berasal dari dua kata juga yaitu “Tasik” yang artinya laut, telaga, atau air yang menggenangi daerah tertentu, dan “Malaya” yang memiliki arti jajaran gunung-gunung.

Maka Tasikmalaya mengandung makna bahwa di daerah ini ada gunung-gunung yang mencapai jumlah ribuan laksana air laut banyaknya.

Baca Juga: Terungkap, Sejarah Kabupaten Garut Yang Belum Banyak Diketahui Generasi Muda Saat ini

Secara geologis, letusan yang diakibatkan oleh gunung tersebut mengakibatkan terbentuknya jurang-jurang yang terjal yang membentuk sebuah formasi sepatu kuda ke arah timur Gunung Galunggung.

Setelah beberapa tahun letusan dahsyat, bermunculanlah bukit-bukit kecil yang berjumlah sekitar 3.647 buah.

Halaman:

Editor: Lucky Edwar

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Terkini

Terpopuler

X