Kisah Belanda Depok, Sang Tuan Tanah Dermawan yang Memerdekakan Ratusan Budak

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 19:35 WIB
Peresmian tugu Cornelis Chastelein atau yang menjadi cikal bakal terbentuknya istilah Bule Depok. (Instagram / @depok_bersejarah)
Peresmian tugu Cornelis Chastelein atau yang menjadi cikal bakal terbentuknya istilah Bule Depok. (Instagram / @depok_bersejarah)

KETIKNEWS.ID,-- Kota Depok yang terletak di Jawa Barat bisa tergolong sebagai wilayah yang tidak mencolok. Meskipun begitu kota ini ternyata menyimpan kisah-kisah sejarah besar bahkan sedari zaman kolonialisme Belanda sampai pascakemerdekaan Indonesia.

Salah satunya ialah kisah 'Belanda Depok' yang menjadi keidentikkan dari kota satelit Jakarta ini.

Belanda Depok merupakan istilah lama yang sering didengungkan dan sudah dikenal kebanyakan orang dari dulu bahkan mungkin hingga kini sampai-sampai seringkali muncul di beberapa literatur sejarah.

Baca Juga: Sejarah Singkat Tasikmalaya yang Tidak Diketahui Generasi Milenial Saat Ini

Siapakah sebenarnya Belanda Depok ini?

Dalam beberapa versi, disebutkan nama Depok diambil dari akronim “De Eerste Protestants Onderdaan Kerk” yang berarti Gereja Kristen Rakyat Pertama, berhubung ada komunitas Kristen di sana sejak era kolonialisme Belanda.

Di versi lainnya, nama Depok berasal dari kata "pertapaan", "padepokan", atau "tempat untuk bertapa". Nama ini disematkan karena dulunya tempat ini menjadi tempat persemedian (pengasingan diri) raja-raja di Jawa.

Begitu juga dalam Baoesastra Djawa, istilah depok punya dua arti, yaitu "padoenoenganing adjar (pendita)" atau "tempat tinggal para pandita", dan arti lainnya adalah "omah" yang dalam hal ini diartikan sebagai "perkampungan".

Baca Juga: Terungkap, Sejarah Kabupaten Garut yang Belum Banyak Diketahui Generasi Muda Saat ini

Halaman:

Editor: Tatan Mulyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X