• Senin, 25 September 2023

Pemicu Sejarah Hari Pahlawan 10 November, Kematian Jenderal Mallaby dan Pertempuran Surabaya

- Kamis, 10 November 2022 | 12:03 WIB
Sejarah Hari Pahlawan 10 November (http://www.smkkehutananrimbataruna)
Sejarah Hari Pahlawan 10 November (http://www.smkkehutananrimbataruna)

KETIKNEWS.ID,- Setiap tanggal 10 November, seluruh elemen masyarakat Indonesia memperingati sebagai Hari Pahlawan.

Pemicu terjadinya Hari Pahlawan 10 November ini bermula dari tewasnya Komandan Brigade Infanteri India Ke-49 Kerajaan Inggris Brigadir, Jenderal AWS Mallaby di Surabaya.

Tengah hari pada 27 Oktober 1945, pesawat tentara Sekutu berputar-putar di atas Surabaya. Dari ekornya, pesawat itu memuntahkan ratusan ribu lembar pamflet.

Pamflet itu berisi ancaman dari Panglima Pasukan Sekutu di Jawa, Bali, Madura, dan Lombok, Mayor Jenderal HC Hawthorn.

"Seluruh rakyat Surabaya harus mengembalikan semua senjata hasil rampasan dari tentara Jepang. Mereka yang menyimpan senjata akan langsung ditembak di tempat."

Baca Juga: 8 Film tentang Tokoh Pahlawan Nasional, Bukan Hanya Soekarno dan Kartini

Dua hari sebelumnya, pada 25 Oktober 1945, 6.000 tentara Sekutu mendarat di Surabaya. Pasukan yang dipimpin Brigadir Jenderal AWS Mallaby ini diberi tugas melucuti tentara Jepang dan menyelamatkan tawanan Sekutu.

Namun pamflet yang disebar itu justru mengobarkan semangat perlawanan rakyat Surabaya. Apalagi, sejak Sekutu mengirimkan tentaranya ke Surabaya, ada kecurigaan prajurit Belanda membonceng di belakang mereka dan berniat menjajah kembali negara ini.

Letnan Kolonel AJF Doulton menulis pengalamannya dalam perang di Surabaya pada 1945 dalam bukunya yang berjudul “The Fighting Cock: Being the History of the Twenty-third Indian Division, 1942-1947”.

Doulton, menggambarkan suasana Kota Surabaya pada 28 Oktober 1945 pagi menjelang habisnya batas waktu 48 jam yang diberikan Jenderal Hawthorn.

Ultimatum Jenderal Hawthorn itu memang ditolak. Tepat pukul 17.00 WIB pada 28 Oktober 1945, prajurit TKR dan laskar-laskar rakyat serentak menyerbu markas-markas tentara Sekutu di Surabaya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bangga Tokoh dari Jabar Ahmad Sanusi Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

Gencatan senjata akhirnya disepakati dua hari kemudian. Namun kesepakatan ini berumur pendek. Saat berkeliling Kota Surabaya bersama pemimpin-pemimpin perlawanan rakyat, Jenderal Mallaby terjebak dalam baku tembak di depan gedung Internatio, Surabaya.

Naas bagi Jenderal Mallaby. Dia terbunuh dalam peristiwa tersebut. Kematian Mallaby membuat Panglima Sekutu marah besar. Mereka menuduh prajurit Indonesia sebagai pembunuhnya. Peristiwa ini jadi pemicu sejarah Hari Pahlawan.

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sejarah Wayang di Museum Sekartaji

Kamis, 14 September 2023 | 15:45 WIB
X