• Senin, 5 Desember 2022

Cerita Panji, Gambaran Kisah Asmara Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji dalam Cerita Tradisional Jawa

- Jumat, 25 November 2022 | 14:02 WIB
Ilustrasi -- Raden Panji Asmorobangun tengah mencari istrinya yang hilang, Dewi Sekartaji, dalam fragmen Cerita Panji. (Wikipedia)
Ilustrasi -- Raden Panji Asmorobangun tengah mencari istrinya yang hilang, Dewi Sekartaji, dalam fragmen Cerita Panji. (Wikipedia)

KETIKNEWS.ID,-- Bukan hanya Rama dan Shinta, kisah asmara Panji Asmorobangun dan Dewi Sertikaji juga melekat di Tanah Jawa yang tertuang dalam Cerita Panji.

Kisah Panji Asmorobangun dan Dewi Sertikaji dalam Cerita Panji dimanifestasikan sebagai pasangan hidup yang begitu gigih berjuang dalam kesabaran dan kesetiaan.

Kisah Panji Asmorobangun dan Dewi Sertikaji dalam Cerita Panji

Secara umum, Cerita Panji berkisah antara dua tokoh, Raden Panji Asmorobangun (Inu Kertapati) yang merupakan putera mahkota Kerajaan Jenggala dan Galuh Candrakirana (Dewi Sekartaji) yang memiliki arti “putri (yang cantik bagai) sinar bulan” ialah sekar kedhaton (putri kerajaan) Daha atau Kediri.

Inu Kertapati dan Dewi Sekartaji saling mencinta dan cerita-cerita sering kali berakhir dengan persatuan cinta tersebut.

Karena cerita-cerita tersebut saling berdiri sendiri dengan banyak variasi atau kembangan, tidak disatukan dalam suatu cerita induk, namun selalu berkisar pada dua tokoh utama tersebut, dapat dikatakan bahwa cerita-cerita Panji merupakan suatu lingkup sastra.

Baca Juga: Museum Wayang Beber Pertama di Indonesia

Beberapa hal terkait cerita Panji (Instagram @budayaaku)

Cerita Panji Terdiri dari Berbagai Versi

Halaman:

Editor: Riedha Adriyana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB
X