• Rabu, 5 Oktober 2022

Kerajaan Demak, Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa

- Senin, 19 April 2021 | 13:01 WIB
Makam Tokoh Kerajaan Demak.* (Source: Dok. Ig@adventusdaniel)
Makam Tokoh Kerajaan Demak.* (Source: Dok. Ig@adventusdaniel)

18NEWS.ID – Indonesia merupakan wilayah yang terdiri dari berbagai kerajaan-kerajaan, baik kerajaan Hindu-Budha, Katolik dan Islam. Begitupun, Islam telah masuk ke Nusantara saat zaman dulu. Di awali dari kerajaan Islam Samudera Pasai di Sumatra, kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa ialah kerajaan Demak.

Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa

Kerajaan ini didirikan oleh Raden Fatah (1478 – 1518) pada tahun 1478. Raden Fatah yang bergelar Sultan Alam Akbar Al- Fatah adalah bangsawan kerajaan Majapahit yang menjabat sebagai Adipati Kadipaten Bintara, Demak. Pamor kerajaan ini didapatkan dari Walisongo yang terdiri atas sembilan orang ulama besar, pendakwah Islam paling awal di pulau Jawa.

Kerajaan Demak dianggap sebagai pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Ajaran Islam berkembang dengan pesat karena didukung oleh peranan Walisongo. Demak banyak melahirkan wali, seperti Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan Kudus, dan Sunan Muria. Peranan para wali tersebut sangat besar dalam penyebaran Islam di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

-

Kesultanan di Demak. Source: Dok. Ig@demakhariini

Kerajaan Demak sangat berperan besar dalam proses Islamisasi pada masa itu. Kerajaan Demak berkembang sebagai  pusat perdagangan dan sebagai pusat penyebaran agama Islam di Jawa. Penyebaran agama Islam di Pulau Jawa dilakukan melalui beberapa cara diantaranya melalui perdagangan, dakwah, pernikahan, dan kesenian.

Dalam menyebarkan agama Islam, para Walisongo melakukannya dengan cara damai dengan membaur atau mengubah cara mereka menyembah sedikit demi sedikit dan menggantinya dengan doa yang Islami seperti pada acara kenduri, mitoni, dll.

Wilayah kekuasaan Demak meliputi Jepara, Tuban, Sedayu, Palembang, Jambi dan beberapa daerah di Kalimantan. Di samping itu, Kerajaan Demak juga memiliki pelabuhan – pelabuhan penting seperti Jepara, Tuban, Sedayu, Jaratan dan Gresik yang berkembang menjadi pelabuhan transito (penghubung).

-

Halaman:

Editor: Riedha Aghniya Adriyana

Terkini

X