• Kamis, 1 Desember 2022

Silek Harimau, Ilmu Beladiri Minangkabau Yang Sangat Mematikan

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 11:19 WIB
Warga asing sedang mempelajari ilmu beladiri Silek Harimau (Doc.Ig@pendekar_daniela)
Warga asing sedang mempelajari ilmu beladiri Silek Harimau (Doc.Ig@pendekar_daniela)

KETIKNEWS.ID,-- pencak silat adalah kepandaian dalam berkelahi, seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang untuk pertandingan atau perkelahian. Di Minangkabau juga dikenal dengan Silek Harimau. Silek Harimau Minangkabau, selain mematikan silat jenis ini juga menyimpan banyak sejarah serta keunikan yang harus di ketahui. Indonesia sendiri memang terkenal dengan beragam budayanya yang sangat unik.

-

Silek Harimau. Instagram@pendekar_daniela

Tak heran apabila setiap daerah di negara ini memiliki sebuah keunikannya masing-masing. Berkunjung ke Sumatera Barat, tentunya langsung tercuat sebuah budaya yang memang sudah mendarah daging. Tak lain ialah Silek Harimau Minangkabau. keahlian turun menurun dan sudah menjadi suatu keharusan bagi para perantau suku Minang. Silek Minangkabau sendiri bermacam-macam, Silek Harimau merupakan salah satunya.

Memang dari sekian banyak jenis silek yang berasal dari Minangkabau, Silek Harimau merupakan aliran yang paling menonjol. Dikatakan Silek Harimau memiliki gerakan yang digunakan menyerupai harimau, selain itu kuda-kuda atau jurus awal pada silek ini menggunakan gaya seperti harimau. Ada juga mitos yang mengatakan jika pesilat menguasai aliran satu ini, maka mereka akan berubah wujud menjadi harimau. Namun belum diketahui mulai kapan dan siapa pencetus dari Silek Harimau ini sendiri. Karena silek ini diturunkan secara lisan saja namun tidak tercatat dalam sejarah. Silek Harimau ini juga memiliki karakter yang tegas dan keras layaknya harimau.

-

Ilmu beladiri Minang kabau. Instagram@mr_phakaphon

Para generasi yang mempelajari silek ini dididik terlebih dahulu untuk memantapkan hati dan pikiran mereka. Agar makna dan pengertian mengenai Silek Harimau sendiri tidak salah jalan. Karena semakin meluasnya pengajaran dari silek ini maka banyak pula penyelahgunaan dan pengajaran yang harus intens dan disiplin, oleh sebab itu berdampak pada sangat sedikitnya pesilat khas yang bisa menguasai ilmu silek harimau. Karena semakin banyak pula kenakalan penerus Silek Harimau ini yang menggunakan silat secara sembarang dan tidak memperhatikan filosofi yang ada. Silek Harimau sendiri termasuk silek garis keras yang cukup berbahaya bagi pengguna silek tersebut maupun bagi targetnya. Silek ini dilihat cukup indah, namun cukup mematikan juga karena menggunakan dua ciri khas gerakan yaitu kuncian dan tangkapan target.

Halaman:

Editor: Zafar Sidik

Tags

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB
X