• Rabu, 5 Oktober 2022

Seni Jaipongan, Mampu Mengubah Stereotype Perempuan Sunda

- Rabu, 10 November 2021 | 16:10 WIB
Tari jaipinagan merupakan penggabungan dari beberapa kesenian tradisional khas Jawa Barat seperti pencak silat, wayang golek, dan ketuk tilu. (Doc.Ig@sindarere)
Tari jaipinagan merupakan penggabungan dari beberapa kesenian tradisional khas Jawa Barat seperti pencak silat, wayang golek, dan ketuk tilu. (Doc.Ig@sindarere)

KETIKNEWS.ID,-- Jaipongan atau tari jaipong merupakan salah satu ikon kesenian unik dari Jawa Barat. Kegiatan olah tubuh dengan iringan kendang yang enerjik tersebut hingga kini masih digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Khususnya di wilayah tatar Sunda kawasan utara.

Tari Jaipongan didirikan oleh maestro seni asal Karawang Jawa Barat bernama H. Suanda pada pertengahan tahun 1960an. Kemudian dikenalkan kepada publik luas, khususnya wilayah Bandung dan sekitarnya oleh seniman Sunda Gugum Gumbira di tahun yang sama.

-

Tari rakyar. Instagram@shindarere

Dikutip dari infobudaya.net, kesenian tersebut merupakan bentuk penggambaran dari pergaulan yang biasa dilakukan oleh kalangan anak muda. Khususnya perempuan dalam berinteraksi antar masyarakat pedesaan di wilayah tersebut.

Yang menarik, ternyata tari jaipong juga kerap disebut sebagai kesenian yang mampu mengangkat derajat wanita sunda lewat pesan matriarki, dalam setiap unsur gerakannya.

Yang unik dari tari jaipong adalah terdapatnya suatu pesan yang tersirat melalui gerakan-gerakan dinamisnya, gerakan yang enerjik, penuh semangat, berani serta gesit. Secara tidak langsung gerakan tersebut menggambarkan sisi perempuan Sunda yang tidak gampang menyerah dalam segala hal.

-

Kawung Anten. Instagram@shindarere

Halaman:

Editor: Zafar Sidik

Tags

Terkini

Rebo Wekasan: Sejarah, Tujuan, Tradisi, hingga Mitos

Kamis, 15 September 2022 | 11:11 WIB

4 Keris Kuno yang Jadi Incaran Kolektor Benda Pusaka

Kamis, 15 September 2022 | 07:53 WIB

Mengenal Watak Tokoh Pandawa 5 dalam Kisah Pewayangan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 15:17 WIB
X