• Sabtu, 25 Juni 2022

617.467 Guru Honorer Madrasah Bakal Terima BLT Subsidi Upah!

- Minggu, 4 Oktober 2020 | 14:54 WIB
Ilustrasi – Guru mengaji di madrasah perkampungan, sedang mengajar ngaji santrinya.*  (Source: Mubakid.or.id)
Ilustrasi – Guru mengaji di madrasah perkampungan, sedang mengajar ngaji santrinya.* (Source: Mubakid.or.id)

18NEWSID, Jakarta – Guru honorer madrasah maupun pengajar perguruan tinggi keagamaan(PTK) bakal menerima bantuan langsung tunai (BLT) subsidi upah dari pemerintah. Anggaran untuk bantuan berasal dari sisa dana BLT subsidi gaji untuk para pekerja yang tidak tersalurkan.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi, di Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Menurut dia, anggaran untuk bantuan ini masih dalam proses pengalihan dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu), untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Agama (Kemenag).

Zainut mengungkapkan, tenaga kependidikan madrasah dan perguruan tinggi keagamaan honorer berhak mendapat bantuan, karena mereka juga sangat merasakan dampak pandemi covid-19.

“Penyiapan data dan kelengkapan administratif penerima subsidi gaji ini sedang dipersiapkan Ditjen Pendidikan Islam,” kata Wamen.

Sementara itu, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah, Muhammad Zain, mengatakan proses validasi data sedang dilakukan untuk memastikan nomor rekening guru dan tenaga kependidikan yang akan menerima bantuan masih aktif.

Calon penerima program ini adalah guru dan tenaga kependidikan madrasah bukan PNS, yang tercatat aktif mengajar di Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (Simpatika) pada Semester I tahun pelajaran 2020/2021.

Menurutnya, khusus guru bukan PNS berdasarkan data real time Simpatika, jumlahnya ada 617.467 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 455.216 guru sudah mencatatkan nomor rekening. Sisanya, ada 162.251 guru belum mencatat nomor rekening pada Simpatika.

Kendati demikian, Kemenag sudah bersurat ke Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi, meminta agar mereka berkoordinasi dengan seluruh satuan kerja terkait memastikan nomor rekening yang tercatat di Simpatika statusnya masih aktif.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X